5 Cara Komunikasi dengan Pelanggan lebih Personal Pakai AI
Pelanggan masa kini menginginkan lebih dari sekadar produk dan layanan, mereka menginginkan pengalaman yang menyenangkan dan komunikasi dengan pelanggan yang lebih baik.
Dengan pertumbuhan yang cepat dan aksesibilitas yang luas, AI merupakan alat yang ampuh untuk meningkatkan strategi pengalaman pelanggan. AI dapat membantu bisnis mengungkap preferensi pelanggan, mengantisipasi kebutuhan, mempersonalisasi interaksi, dan menyelesaikan masalah dengan cepat.
Di artikel ini, kami akan membahas bagaimana AI dapat membantu komunikasi dengan pelanggan yang lebih baik dan memberikan pengalaman pelanggan yang luar biasa.
1. Personalisasi untuk hubungan yang lebih kuat
60% konsumen mengatakan mereka akan membeli lagi setelah pengalaman belanja yang dipersonalisasi. AI dapat membantu Anda mencapai tingkat loyalitas ini dengan menganalisis perilaku dan preferensi pelanggan Anda.
Mari ambil contoh dari platform e-commerce. Saat pengguna menjelajahi situs web, algoritma AI dapat secara otomatis merekomendasikan produk berdasarkan pembelian sebelumnya atau menyarankan penawaran yang dipersonalisasi yang disesuaikan dengan preferensi individu.
Anda mungkin pernah melihat tulisan ‘Anda mungkin suka’ atau ‘Pelanggan juga membeli’ pada rekomendasi produk tambahan. Ini adalah dukungan AI yang membantu pelanggan menemukan produk yang mungkin mereka sukai namun belum pernah ditemukan sebelumnya.
2. Menawarkan dukungan 24/7 dengan chatbot
Chatbot AI menawarkan bantuan langsung yang melibatkan percakapan yang lebih mirip manusia melalui machine learning (ML) dan natural language process (NLP).
Chatbot AI dapat memahami konteks, menginterpretasikan maksud dari pelanggan, dan menawarkan respons yang cocok dengan kebutuhan pelanggan, sehingga menciptakan pengalaman yang lebih komunikatif dan user-friendly.
Meskipun dinamakan teknologi AI, namun pembelajaran dan kemampuan beradaptasinya berkelanjutan dari interaksi yang dilakukan, sehingga memungkinkan chatbot AI untuk berkembang dan memberikan informasi yang lebih akurat, relevan secara konteks, dan sesuai dengan permintaan pelanggan.
Baca juga: Cara Kerja Sales Team di Google jadi lebih Cepat dan Mudah Pakai Gemini. Begini Caranya!
3. Membantu menyelesaikan masalah dengan cepat
Kemampuan komunikasi dengan pelanggan untuk menyelesaikan masalah dengan cepat berdampak signifikan pada kepuasan pelanggan.
AI dapat membantu dalam penyelesaian masalah dan resolusi masalah dengan cepat dengan mendiagnosis masalah secara akurat.
Bayangkan sistem dukungan teknis yang menggunakan AI. Saat pelanggan memberi tahu sistem tentang masalah yang mereka alami, AI akan melihat informasi tersebut dan memberikan langkah-langkah spesifik untuk menangani masalah tersebut.
Hal ini akan mempermudah penyelesaian masalah dan tentunya membuat pelanggan lebih senang karena merasa terbantu.
4. Mendapatkan wawasan berdasarkan data untuk peningkatan organisasi
Menganalisis sejumlah besar data dari berbagai sumber adalah hal yang merepotkan dan menantang.
AI dapat memproses, menganalisis, dan memperoleh wawasan yang bermakna dengan cepat, sehingga membantu Anda membuat keputusan yang lebih tepat.
Misalnya, bisnis perhotelan dapat menggunakan AI untuk menganalisis feedback dari tamu. AI dapat menangkap keluhan berulang tentang hal-hal seperti kebersihan kamar.
Pihak hotel pun dapat menggunakan informasi ini untuk mengubah protokol pembersihan, sehingga menghasilkan pengalaman tamu yang lebih memuaskan sekaligus menjaga komunikasi dengan pelanggan tetap berjalan dengan baik.
5. Melatih karyawan untuk melayani pelanggan dengan AI
Agen customer service memainkan peran penting dalam menjaga komunikasi dengan pelanggan. Kemampuan mereka untuk menyelesaikan masalah dengan cepat dan memberikan pengalaman yang menyenangkan sangatlah penting.
Tidak heran jika pengambilan keputusan dalam melayani pelanggan seringkali ada di tangan agen customer service. Sehingga mereka membutuhkan pelatihan yang tepat dalam menjawab keluh kesah pelanggan.
Pelatihan AI meningkatkan keterampilan dan efisiensi di bidang customer service, sehingga agen frontdesk dapat memberikan feedback yang lebih baik secara langsung.
Penggunaan Generative AI seperti Gemini menawarkan saran dan panduan tentang bagaimana dialog dengan pelanggan dapat ditingkatkan.
Dengan begitu, komunikasi dengan pelanggan tetap terjalin baik dengan pemberian feedback langsung secara cepat hanya dengan menuliskan prompt yang didasarkan pada permasalahan pelanggan.
Baca juga: Pemanfaatan Teknologi Generative AI untuk Kerja Tim lebih Efektif
AI merupakan alat yang ampuh untuk meningkatkan komunikasi dengan pelanggan dan pengalaman yang lebih dipersonalisasi.
AI menggunakan data untuk menghasilkan wawasan dengan cepat yang dapat digunakan untuk mempersonalisasi interaksi, memprediksi kebutuhan pelanggan, dan mengotomatiskan proses.
Menambahkan AI ke bidang customer service memungkinkan organisasi Anda membuat layanan yang disesuaikan, menyelesaikan masalah dengan cepat, memprediksi hasil, dan menyederhanakan perjalanan pelanggan dalam menggunakan produk atau layanan Anda.
Ingin mengintegrasikan AI ke dalam operasi bisnis keseharian Anda? Hubungi tim PointStar untuk bantu Anda bertransformasi dengan AI mulai hari ini!