7 Cara Bisnis eCommerce Gunakan AI untuk Maksimalkan Keuntungan
Teknologi AI jelas berdampak pada hampir setiap sektor bisnis, termasuk bisnis eCommerce. Pertumbuhan sebesar 4% dari tahun 2021 hingga 2022 memperlihatkan 35% bisnis menggunakan AI untuk membantu operasi bisnis mereka.
Meskipun bisnis yang lebih besar cenderung menggabungkan teknologi AI ke dalam proses organisasi mereka, namun bisnis yang lebih kecil juga tidak ragu untuk melakukannya.
Bisnis dari semua ukuran dapat menggunakan solusi AI yang baru dikembangkan dan tersedia dengan mudah untuk meningkatkan pendapatan dan meningkatkan kepuasan pelanggan.
Jika Anda sedang mempertimbangkan apakah AI merupakan investasi yang tepat untuk bisnis eCommerce Anda, simak artikel ini sampai habis!
1. Inventory management
Akurasi dan efisiensi inventory management, atau manajemen inventaris, ditingkatkan melalui AI, khususnya dengan machine learning.
AI berpotensi meningkatkan rantai pasokan, memprediksi permintaan pelanggan, dan menyederhanakan operasi gudang.
Hal ini mengurangi kesalahan manusia, meningkatkan produktivitas, dan membantu pelestarian lingkungan.
2. Kustomisasi pengalaman belanja
AI memudahkan personalisasi shopping experience dengan menganalisis data pelanggan dan mengotomatiskan rekomendasi.
Teknologi seperti Granify dan Boomtrain dapat menganalisis data pelanggan dan menyarankan produk, sementara asisten virtual seperti Mona dan Save Your Wardrobe dapat memberikan penawaran dan rekomendasi yang dipersonalisasi berdasarkan permintaan pelanggan.
Adanya teknologi ini dalam bisnis eCommerce membantu menciptakan pengalaman pelanggan yang konsisten di seluruh toko, terutama toko online.
3. Memberikan sentuhan personal dengan chatbot
AI menjadi penting bagi bisnis eCommerce untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang terus berubah.
Perdagangan yang berbasis percakapan yang menggabungkan kemampuan visual, vokal, tertulis, dan prediktif adalah salah satu pendekatannya.
Chatbot adalah salah satu alat untuk mendorong percakapan dengan sentuhan yang lebih personal di era baru ini.
Baca juga: Memanfaatkan Gemini di Google Workspace sebagai Asisten Riset untuk Tim Sales
4. Penyaringan ulasan
93% pembeli online membaca ulasan atau review sebelum membeli.
Sayangnya, hal ini membuat review bombing efektif dalam menghancurkan reputasi bisnis eCommerce. Fenomena ini terjadi ketika pelanggan yang kecewa mendorong komunitas mereka untuk meninggalkan ulasan palsu guna merusak peringkat bisnis.
Mengintegrasikan sistem review filtering bertenaga AI ke dalam eCommerce Anda dapat mencegah review bombing. Model machine learning dapat menandai ulasan palsu, mengidentifikasi pola yang mencurigakan, dan mendeteksi tagar yang memicu review bombing.
Dengan cara ini, Anda sebagai pemilik bisnis eCommerce dapat memastikan keaslian ulasan yang ditampilkan di toko Anda.
5. Meningkatkan rekomendasi untuk pelanggan
AI membantu brand menganalisis data pelanggan untuk memprediksi perilaku dan menawarkan rekomendasi yang dipersonalisasi.
Contohnya, Amazon menggunakan AI untuk mempersonalisasi halaman produk, mengoptimalkan penempatan produk, dan meningkatkan layanan pelanggan.
Hal ini memungkinkan Amazon untuk menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih personal dan menarik bagi pelanggannya.
6. Menyediakan deskripsi produk yang relevan
Anda perlu menulis dan memperbarui deskripsi produk seiring dengan berkembangnya bisnis eCommerce Anda untuk memastikan deskripsi tersebut tetap relevan bagi pelanggan online.
Adanya teknologi AI, seperti Gemini, dapat berguna untuk membuat produk deskripsi atau campaign yang unik, bebas plagiarisme, cepat, dan sesuai dengan target pasar Anda.
Fitur generate text yang ada pada Gemini dapat menghemat waktu dan sumber daya Anda dalam menghasilkan deskripsi pendek berdasarkan topik, kategori, dan bahasa yang dipilih dalam satu kali klik.
7. Membuat sales process lebih efisien
AI memungkinkan sales process yang lebih memahami dan menjangkau pelanggan. Sistem CRM yang didukung AI dapat menganalisis data pelanggan, menjawab pertanyaan, dan mengidentifikasi peluang baru.
Hal ini membantu bisnis menyesuaikan pesan penjualan mereka dan menawarkan produk serta layanan yang lebih relevan.
Baca juga: 5 Cara Maksimalkan Gmail untuk Bisnis di Google Workspace
Beberapa orang masih menyiratkan istilah AI sebagai sesuatu yang tidak manusiawi atau teknologi yang dapat menggantikan manusia.
Namun, adanya teknologi ini justru memungkinkan bisnis untuk memberikan pengalaman yang lebih personal bagi pelanggan.
Teknologi AI kemungkinan akan memiliki dampak yang besar dan bermanfaat pada industri bisnis eCommerce di tahun yang akan datang. Teknologi ini akan mengubah dan meningkatkan cara pelanggan menemukan produk secara daring.
Siapkah Anda mengimplementasikan AI pada bisnis Anda? Konsultasikan kebutuhan teknologi pada bisnis Anda dengan PointStar hari ini!