5 Cara Meningkatkan Produktivitas Ala Mentor Profesional Google
Laura Mae Martin telah memberikan pelatihan manajemen waktu, manajemen email, dan kesejahteraan pekerja kepada ribuan eksekutif dan anggota staf Google serta klien di luar Google. Melalui buku terbarunya, “Uptime: A Practical Guide to Personal Productivity and Wellbeing”, Laura membagikan cara meningkatkan produktivitas ala profesional Google.
Sekitar 14 tahun yang lalu, Laura Mae Martin mulai bekerja di Google sebagai account manager di sales department. Tidak lama setelah bergabung, Laura menyadari bahwa kesuksesannya bersama klien tidak dapat dipisahkan dari keterampilan manajemen waktunya. Akhirnya, Laura meninggalkan sales industry untuk menciptakan program Productivity@Google.
Buku “Uptime” berisi segala pengetahuan Laura terkait cara meningkatkan produktivitas. Di dalam bukunya, Laura menjelaskan bahwa produktivitas adalah “1) mendefinisikan dengan jelas apa yang ingin Anda lakukan, 2) menentukan waktu dan tempat (yang tepat) untuk melakukannya, dan 3) melaksanakannya dengan baik dalam jangka waktu yang ditentukan.”
Kami merangkum 5 tips dari buku Laura yang dapat membantu Anda untuk meningkatkan produktivitas. Terlepas dari apapun pekerjaan Anda, baik itu seorang karyawan, pelajar, orang tua, eksekutif, atau wirausaha, berikut adalah tips untuk menemukan Uptime Anda.
1. Ciptakan batasan dan belajar untuk katakan tidak
Menyeimbangkan waktu pribadi dengan ikatan sosial bisa jadi hal yang sulit. Ketahuilah bahwa saat Anda menerima sesuatu, itu berarti Anda juga melepaskan sesuatu yang lain.
Laura merekomendasikan strategi fleksibel untuk mempertimbangkan mengatakan “tidak” selama seminggu atau sebulan, dan amati bagaimana jadwal dan tingkat energi Anda berubah.
Menurut Laura, mengomunikasikan batasan Anda dengan jelas dan konstruktif adalah pendekatan terbaik untuk mengatakan “tidak”, terutama dalam menanggapi permintaan yang masuk.
2. Ketahui Power Hourse Anda
Power Hours adalah istilah yang digunakan Laura untuk mengindikasikan dua hingga tiga jam setiap hari saat Anda merasa paling produktif.
Power Hours tiap orang berbeda-beda. Ada yang merasa lebih produktif di pagi hari, ada juga yang bahkan baru bisa mengerjakan tugas berat di malam hari.
Laura mengatakan Anda harus mengenali dan temukan Power Hours Anda sendiri untuk mengerjakan hal-hal yang penting dalam dua hingga tiga jam tersebut.
Cobalah tips ini dalam seminggu untuk lihat bagaimana Power Hours Anda mengubah cara kerja harian Anda.
Baca juga: 8 Tips Penerapan Artificial Intelligence untuk Tingkatkan Tata Kelola Perusahaan
3. Prioritaskan break time
Rencanakan break time dengan tepat untuk capai hasil maksimal. Laura berpendapat bahwa istirahat, seperti tidur siang, jalan-jalan, atau makan siang tanpa gangguan teknologi, adalah rutinitas yang sangat penting untuk dijaga.
Anda dapat menyisihkan 20 menit untuk break time tiap kali habis melakukan tugas yang berat.
4. Tentukan “hot spot” dan “not spot” untuk tetap produktif
Mengidentifikasi lokasi di mana Anda paling mungkin menyelesaikan tugas lebih cepat membantu Anda mengembangkan rutinitas dan sebagai cara meningkatkan produktivitas.
Baik jika Anda bekerja di kantor, di rumah, atau hybrid, mengasosiasikan lokasi tertentu dengan pekerjaan tertentu akan melatih otak Anda untuk dengan mudah menyelesaikan tugas.
Ketahui pula tempat-tempat yang tidak mengundang gairah untuk produktif agar Anda dapat menghindarinya.
5. Ubah tools harian Anda menjadi Power Tools
Tidak hanya menemukan Power Hours yang tepat, Laura juga menyarankan penggunaan Power Tools untuk meningkatkan produktivitas.
Pengaturan produk teknologi dimaksudkan untuk memaksimalkan pekerjaan Anda. Laura menyarankan untuk cari tahu apa saja shortcut yang berpotensi memudahkan pekerjaan harian yang menggunakan teknologi.
Contohnya seperti mencari tahu dan mengaktifkan pintasan di pengaturan Gmail. Dengan begini, Anda dapat membalas email dengan hanya menekan “r” pada keyboard.
Selain itu, Anda juga dapat menggunakan metode yang sama untuk mempelajari bagaimana Generative AI seperti Gemini dapat bekerja di Google Workspace untuk meningkatkan produktivitas Anda.
Untuk mendapatkan hasil terbaik, Anda dapat bereksperimen dengan berbagai prompt dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan untuk mendapatkan jawaban terbaik dari Gemini.
Baca juga: Tips Generate Teks dan Gambar Pakai Gemini
Kelima tips ini hanyalah beberapa cara meningkatkan produktivitas yang dibagikan Laura Mae Martin dalam bukunya “Uptime: A Practical Guide to Personal Productivity and Wellbeing.”
Temukan tips produktivitas lainnya di blog PointStar. Anda juga bisa hubungi tim profesional PointStar untuk bantu bertransformasi dengan Google Workspace!