Personalisasi Email Blast dengan Integrasi Google Sheets dan Gmail
Pasti Anda sudah familiar dengan penggunaan email blast di perusahaan Anda. Email blast adalah pengiriman pesan email yang sama untuk dikirim kepada banyak penerima. Anda dapat mengirim email blast ke daftar kontak dalam jumlah banyak seperti klien, pelanggan, atau calon pelanggan. Pesan yang dikirim pun beragam, mulai dari promosi, pemasaran, atau sekadar informasi umum terkait produk atau jasa yang ditawarkan.
Mengirim pesan dengan email blast membuat pekerjaan mengirim pesan tidak membutuhkan waktu yang lama. Namun, seringkali pesan yang dikirim dalam jumlah banyak tidak dipersonalisasi sehingga tidak diperhatikan oleh penerima. Maka dari itu, maksud dari pesan tersebut tidak secara efektif tersampaikan kepada penerima.
Melihat permasalahan tersebut, Google Workspace memunculkan fitur terbaru hasil kolaborasi Google Sheets dan Gmail. Update terbaru pada Google Workspace adalah Google Sheets dapat digunakan untuk mail merge. Kini, perusahaan yang menggunakan Google Workspace untuk kolaborasi alur kerja mereka menjadi lebih mudah mengirim email blast dengan integrasi Google Sheets dan Gmail. Melalui data pada spreadsheets, Anda dapat mengirim email blast yang dipersonalisasi. Pengiriman email dalam jumlah yang banyak akan lebih mudah dengan personalisasi sesuai dengan tujuan dikirimnya pesan.
Bagaimana cara mengirim email blast dengan Google Sheets dan Gmail?
Untuk mengirim email blast ke banyak audiens, Anda dapat menggunakan mail merge di Gmail. Mail merge membantu Anda personalisasi pesan yang dikirimkan menggunakan tag seperti @firstname dan @lastname. Mail merge adalah fitur yang menggantikan multi-send mode di Gmail. Ketika akan mengirim pesan, pada garis “To:” akan ada ikon mail merge di ujung kanan.
Saat Anda mengirimkan pesan dengan mail merge, Gmail mengirimkan pesan dengan isi yang sama yang dipersonalisasi setiap penerima secara individu.
Ketika penerima membuka pesan Anda, mereka tidak dapat melihat siapa lagi yang Anda kirimkan pesan tersebut. Jika ada yang membalas, Anda akan menerima balasan mereka dalam percakapan terpisah, yang memudahkan pengelolaan percakapan.
Jika Anda memiliki sejumlah besar penerima, Anda dapat menghubungkan lembar yang berisi informasi kontak mereka. Lembar tersebut juga dapat mencakup detail khusus untuk setiap penerima yang memungkinkan Anda untuk lebih mempersonalisasi pesan Anda.
Untuk mengirim mail merge dengan kontak pada spreadsheet, Anda dapat mengaktifkan mail merge, lalu klik Add from a spreadsheet. Anda dapat memilih Sheets mana yang akan digunakan sebagai kontak pengirim. Sheets tersebut harus terdiri setidaknya satu kolom dari alamat email penerima. Setelah pesan selesai dipersonalisasi dengan tag dan spreadsheet yang berisi data penerima sudah dipilih, Anda dapat langsung mengirim pesan kepada seluruh penerima.
Dengan fitur ini, Anda tidak perlu lagi menggunakan fitur lain di luar Google Workspace untuk mengirim email blast. Fitur kolaborasi Google Sheets dan Gmail sangat mempermudah Anda untuk mengirim email blast, bukan? Sudah coba fitur ini untuk mengirim email blast?
Ingin menggunakan fitur-fitur Google Workspace seperti fitur di atas? Hubungi tim PointStar untuk informasi lebih lanjut terkait kolaborasi efektif dengan Google Workspace untuk perusahaan Anda!