5 Trik Penyimpanan Google Drive untuk Bikin Bisnis Berkembang
Seringkali kemampuan untuk menemukan informasi penting dengan cepat menjadi faktor penentu apakah sebuah bisnis akan sukses atau justru tertinggal. Di era digital seperti sekarang, ada banyak sekali cara untuk memanfaatkan penyimpanan Google Drive agar bisnis Anda bisa terus berkembang.
Di artikel kami kali ini, kami akan membahas trik penting penyimpanan Google Drive untuk membantu bisnis Anda terus berkembang sesuai dengan kemajuan era.
1. Temukan dokumen penting dalam hitungan detik dengan Gemini di Drive

Ketimbang menelusuri ratusan file dan folder secara manual untuk mempelajari suatu proyek, Anda dapat gunakan Gemini di Drive untuk mendapatkan ringkasan dokumen panjang atau keseluruhan folder pekerjaan.
Anda dapat ajukan pertanyaan spesifik kepada Gemini tentang suatu folder, seperti “Berapa anggaran untuk marketing campaign kuartal lalu?”, sehingga memudahkan Anda mendapatkan detail yang tepat tanpa perlu menelusuri semua dokumen secara manual.
2. Temukan file yang tepat dengan Gemini di Drive
Jika Anda punya banyak file tapi tidak ingat isi setiap dokumen, Gemini dapat membantu Anda menemukan file yang tepat.
Di saat Anda terburu-buru mencari presentasi atau catatan sebelum rapat, Anda dapat menggunakan Gemini di side panel Drive untuk dengan cepat menemukan file yang Anda butuhkan berdasarkan prompt sederhana.
Cukup perintahkan pencarian dengan sesuatu seperti “Temukan Formulir Pajak 941 dan 1040 saya” atau “Tampilkan presentasi tentang strategi Google Ads saya untuk tahun 2025” dan file siap dalam hitungan detik.
3. Buat dan tandatangani kontrak dengan mudah menggunakan eSignature

Alih-alih menggunakan beberapa aplikasi untuk menyusun kontrak, mengirimkannya ke berbagai pihak untuk mengumpulkan tanda tangan, lalu mengunggah ulang salinan akhir untuk penyimpanan, Anda dapat melakukan semuanya langsung di Google Drive.
Anda dapat dengan mudah mengunggah kontrak PDF ke Drive atau menyusun kontrak baru di Docs, menyimpannya sebagai templat kontrak yang dapat digunakan kembali, dan mengumpulkan semua tanda tangan serta informasi tambahan dari penanda tangan (misalnya, jabatan).
Kini semua vendor, produsen, pelanggan, dan karyawan Anda dapat dengan cepat memperbarui kontrak mereka tanpa hambatan.
Baca juga: Begini Cara Kelola Jadwal Kegiatan yang Memudahkan Aktivitas Harian dengan Gemini
4. Pastikan dokumen terorganisir dan kolaboratif dengan penyimpanan Google Shared Drive
Mengatur berkas-berkas pekerjaan atau proyek bisa jadi hal yang rumit, terutama jika ada karyawan yang meninggalkan perusahaan dan Anda tidak lagi memiliki akses ke semua berkas yang mereka miliki.
Menggunakan Shared Drive untuk proyek dan tim memastikan Anda tetap memiliki akses ke dokumen dan berkas, bahkan jika pembuatnya sudah tidak bekerja di organisasi Anda lagi. Hal ini karena file yang ada di Shared Drive adalah milik tim, bukan individu.
Jadi, jika seseorang manager pergi setelah membuat dokumen penting, berkas-berkas tersebut akan tetap tersedia dan mudah diakses jika disimpan dalam penyimpanan Google Shared Drive.
5. Share dokumen kertas Anda dan akses di mana saja dengan aplikasi seluler
Google Drive scanner adalah cara mudah untuk menjaga dokumen Anda tetap teratur dan mudah diakses dari mana saja.
Tersedia di aplikasi seluler Google Drive, pemindai ini mengonversi struk, catatan, dan dokumen dengan banyak halaman menjadi PDF untuk penyimpanan Google yang mudah dibagikan.
Anda bisa mencari PDF yang sudah diunggah di Drive agar Anda bisa dengan cepat menemukan bukti pembayaran yang dipindai dari perjalanan bisnis saat tiba waktunya untuk membuat laporan pengeluaran.
Baca juga: 5 Tools di Google Workspace Ini Bisa Digunakan untuk Mendukung Bisnis Anda. Simak Ulasan Lengkapnya!
Google Drive menawarkan cara yang ampuh dan efisien untuk mengelola informasi, berkolaborasi secara efektif, dan meningkatkan produktivitas. Fitur-fitur ini lebih dari sekedar penyimpanan Google untuk dokumen, melainkan hal penting untuk bisnis Anda agar tetap terorganisir.
Ubah cara Anda bekerja dengan Google Drive untuk menghemat waktu dan sumber daya berharga agar Anda bisa fokus pada hal yang benar-benar penting.
Ingin tahu lebih banyak tentang trik mengelola penyimpanan Google lainnya? Kunjungi blog PointStar Indonesia untuk jelajahi lebih banyak!