Integrasi eSignature pada Google Workspace untuk Menyederhanakan Manajemen Bisnis
Google meluncurkan eSignature, atau tanda tangan elektronik, pada Google Docs dan Google Drive.
Anda dapat menggunakan eSignature untuk membuat dokumen Anda siap untuk dibubuhkan tanda tangan dan mengirim permintaan tanda tangan dari Google Docs dan Google Drive.
Penanda tangan dapat dengan mudah menyelesaikan permintaan eSignature dengan memberikan informasi yang diperlukan.
Pada bulan Juni 2022, Google mulai menguji kemampuan alfa untuk meminta dan membubuhkan tanda tangan elektronik di Google Docs. Google siap meningkatkan penggunaan fitur ini berdasarkan masukan yang diterima.
Membantu Anda mengontrol dengan siapa Anda berbisnis

eSignature hadir untuk membantu Anda memudahkan proses tanda tangan dalam berbisnis. Namun sebelum memulai, pastikan orang yang Anda kirimi dokumen memiliki wewenang untuk menandatanganinya.
Sebelum mengirimkan dokumen untuk ditandatangani, pastikan pihak yang berkepentingan telah menerimanya. Verifikasi identitas pengirim jika Anda menerima dokumen untuk ditandatangani.
Hingga tautan tersebut kedaluwarsa (misalnya, jika permintaan tanda tangan dibatalkan), siapa pun yang memiliki akses ke akun email yang menerima permintaan tanda tangan elektronik (dengan atau tanpa izin dari pemilik akun) dapat menandatanganinya.
Pemegang akun Google juga dapat menandatangani dokumen yang Anda kirim ke alamat email lama mereka setelah memperbarui alamat email mereka, dengan syarat alamat lama dan baru masih terhubung ke akun dasar yang sama.
Oleh karena itu, Anda harus mengonfirmasi bahwa tautan tersebut dikirim dan ditandatangani oleh individu yang benar.
Mempermudah bisnis kecil untuk mengikat kontrak

Mungkin sulit bagi perusahaan kecil dan wirausahawan untuk mengingat kontrak, perjanjian pelanggan, dan dokumen lain yang mengikat secara hukum.
Google telah mengintegrasikan eSignature secara asli ke dalam Google Docs untuk membantu mempercepat alur kerja ini, memungkinkan Anda meminta dan menambahkan tanda tangan elektronik ke kontrak resmi langsung dalam Google Docs.
eSignature mempermudah Anda dalam:
- Meminta tanda tangan dengan cepat
- Tanda tangani kontrak resmi langsung dari Google Docs atau Drive tanpa harus berpindah aplikasi atau tab.
- Membuat salinan kontrak baru untuk setiap permintaan sehingga Anda dapat menggunakan dokumen Anda sebagai template dan memulai beberapa permintaan tanda tangan elektronik.
Digunakan hanya untuk keperluan bisnis
Perlu diperhatikan bahwa Anda hanya boleh menggunakan eSignature Beta untuk tujuan bisnis dan bukan untuk keperluan pribadi, keluarga, atau rumah tangga.
Anda juga hanya boleh mengirim ke (atau melaksanakan kontrak yang dikirim dari) rekanan yang berada dalam yurisdiksi hukum yang sama dengan Anda.
Setiap informasi dan peringatan yang diberikan dalam ketentuan eSignature Google mengenai keberlakuan kontrak yang ditandatangani secara elektronik hanya untuk tujuan informasi umum dan tidak dimaksudkan sebagai nasihat hukum.
Google tidak dapat dan tidak menjamin bahwa penggunaan eSignature Beta akan menghasilkan perjanjian yang mengikat secara hukum di negara yang bersangkutan.
Jika Anda mempunyai kekhawatiran tentang penggunaan kontrak dan tanda tangan elektronik, tanyakan kepada pengacara bersertifikat di wilayah Anda.
Baca juga: Fitur Terbaru Duet AI pada Google Workspace, Bantu Pekerjaan jadi Lebih Mudah dan Cepat
Itu dia informasi terbaru mengenai fitur eSignature yang baru saja diperkenalkan Google pada Agustus 2023 lalu.
Fitur ini tersedia bagi pelanggan Google Workspace yang memenuhi syarat. Jika Anda memiliki akun Workspace Individual, Anda memiliki akses ke fitur ini.
Selain itu, versi beta juga memenuhi syarat untuk pelanggan Google Workspace Business Standard, Business Plus, Enterprise Starter, Enterprise Standard, Enterprise Plus, Enterprise Essentials, Enterprise Essentials Plus, Education Plus, dan Nonprofit.
Ingin berlangganan Google Workspace dan mencoba fitur eSignature? Hubungi PointStar untuk membantu transformasi digital Anda mulai hari ini!