Email Workspace Bertenaga AI: Kunci Kolaborasi Cerdas dan Efektif
Email Workspace, atau Gmail, merupakan salah satu sarana komunikasi paling efektif dan serbaguna. Tidak hanya untuk kebutuhan pribadi, email juga mempunyai dampak yang luar biasa terhadap cara bisnis dijalankan saat ini.
Namun bila tidak ditangani dan diorganisir dengan baik, penggunaan email Workspace akan menimbulkan permasalahan produktivitas dan lainnya.
Di artikel ini, kami akan membagikan bagaimana cara memanfaatkan potensi email Workspace untuk bekerja lebih cerdas dan efektif menggunakan teknologi AI yang ada pada Google Workspace.
Google memperkenalkan Gemini, yang merupakan teknologi AI paling mutakhir dari Google, sebagai asisten AI yang kini dapat digunakan pada Google Workspace.
Dengan adanya Gemini pada Google Workspace, penulisan email dan kolaborasi tim akan lebih efektif dan meningkat.
1. Menyusun email dengan cepat dan efisien
Gemini dapat membantu Anda membuat draft email dengan cepat dan mudah.
Cukup tuliskan ide atau poin penting yang ingin Anda sampaikan dengan sebuah prompt yang sederhana, maka Gemini akan menghasilkan draft email yang sesuai kebutuhan.
Selain menyusun draft email, Gemini juga dapat membantu menyusun balasan email yang informatif dan profesional. Anda hanya perlu memberikan perintah berupa ringkasan isi email yang diterima dan instruksi terkait balasan.
Jika Anda merasa email Anda masih terlalu sederhana untuk sebuah email bisnis profesional, Anda juga bisa meminta bantuan Gemini untuk menyempurnakan email Anda.
Gemini dapat memperbaiki tata bahasa, menambahkan informasi, atau memformat teks sesuai keinginan.
2. Mengelola tugas dan menjadi pengingat
Gemini pada Google Workspace dapat mengubah instruksi tugas dari email menjadi tugas yang dapat diselesaikan pada fitur Google Task.
Secara otomatis, Gemini dapat membuat tugas dengan judul, deskripsi, dan tenggat waktu yang tepat untuk Anda.
Jika Anda memiliki jadwal atau acara penting, Gemini juga dapat mengatur pengingat di Google Calendar. Cukup sebutkan apa yang perlu diingatkan, contohnya seperti acara, waktu, atau tempat.
Baca juga: 5 Tips Membuat Akun Email Pribadi yang Aman dan Privat di Gmail
3. Menerjemahkan email dan mendapatkan informasi kontekstual
Selain membantu menulis email Workspace yang profesional, Gemini juga dapat menerjemahkan email secara otomatis ke bahasa yang Anda pilih.
Hal ini tentu bermanfaat untuk berkomunikasi dengan tim atau klien yang menggunakan bahasa yang berbeda.
Tidak hanya itu, konten email dapat dikontekstualisasikan oleh Gemini dengan definisi istilah dan frasa, biografi orang yang diberikan, atau tautan ke artikel yang relevan.
Dengan adanya fitur ini, Anda dapat memperoleh pemahaman yang lebih baik tentang isi email.
4. Mengelola kotak masuk dengan efektif
Jika Anda ingin menemukan email yang Anda cari dengan lebih cepat, Gemini dapat membantu Anda menyortir dan memfilter email berdasarkan pengirim, penerima, kata kunci, atau tanggal.
Gemini juga dapat menghapus email yang tidak diperlukan, seperti email spam atau email promosi. Hal ini membantu menjaga kotak masuk Anda tetap bersih dan terorganisir.
5. Meningkatkan produktivitas tim
Satu lagi yang hal yang mempermudah Anda dengan adanya Gemini di Google Workspace, yaitu membantu Anda membagikan informasi atau sumber daya yang lebih efisien dengan tim.
Cukup sebutkan apa yang ingin Anda bagikan, maka Gemini akan membagikannya melalui platform kolaborasi tim atau email.
Jika Anda ingin memanfaatkan Gemini untuk menyimpan catatan rapat dan diskusi tim, Anda dapat merekam rapat atau diskusi lalu Gemini akan secara otomatis mentranskripsikan percakapan dan membuat catatan ringkas untuk Anda.
Baca juga: Fitur Template Email Marketing siap Pakai dari Google Workspace yang Bisa Dipersonalisasi
Itu dia beberapa contoh integrasi Gemini AI yang dapat membantu meningkatkan penggunaan email Workspace dan mendorong kolaborasi tim yang lebih efektif.
Ingin mencoba menulis email Workspace yang profesional dengan bantuan Gemini? Hubungi PointStar untuk membantu Anda bertransformasi hari ini!