3 Cara Pintar Tingkatkan Performance Marketing dengan AI
Setiap marketer memiliki usaha tersendiri untuk mencapai target performance marketing mereka. Salah satunya dengan memiliki spesialisasi yang kuat dan bekerja dengan keras. Namun, tidak sepenuhnya kerja keras mampu menyelesaikan target performance marketing Anda.
AI hadir untuk membantu Anda, para marketer, untuk bekerja cerdas. Mungkin Anda telah familiar dengan penggunaan AI. Teknologi ini membantu Anda untuk menulis email, membuat presentasi dengan visual yang menarik, membantu mencari jalan untuk menghindari macet, dan lain-lain.
Google tidak hanya dapat membantu Anda melakukan hal-hal tersebut. Google AI dapat menganalisis data, menemukan insight, dan hadir untuk pelanggan Anda,
Sebagai marketer, Anda dapat menggabungkan AI dengan keahlian Anda. Google dan Boston Consulting Group melakukan riset yang menunjukkan bahwa teknologi canggih mampu meningkatkan performance marketing sebesar 20%.
Namun, kontribusi manusia di dalamnya akan meningkatkan lagi performance marketing sebanyak 15% lebih jauh.
Dengan menggabungkan keterampilan Anda, pekerjaan marketing akan mencapai target performance marketing yang diinginkan dan semakin meningkat.
Pekerjaan manual dilakukan oleh AI sedangkan Anda akan menambahkan data, kreativitas ide maupun visual, serta strategi khusus untuk bisnis Anda.
Bagaimana AI dapat membantu Anda meningkatkan performance marketing? Berikut adalah tiga cara Anda bekerja lebih cerdas dengan AI.
1. Membangun hubungan dan kepercayaan pelanggan dengan cepat dan mudah
Tugas seorang marketer yang utama salah satunya adalah membangun kepercayaan dan hubungan dengan pelanggan.
AI dapat membantu Anda dengan mengaktifkan data first-party yang telah disetujui untuk memenuhi kebutuhan pelanggan Anda.
Data tersebut akan digunakan untuk melibatkan pelanggan serta membangun hubungan dengan mereka dengan cepat.
Customer Match adalah salah satu alat yang dimiliki Google Ads untuk menggunakan data first-party Anda dengan cara yang aman.
Data ini akan membantu menarik pelanggan baru yang memiliki kriteria yang sama dengan pelanggan Anda. Selain itu, alat ini mampu membantu Anda terhubung dengan pelanggan yang sudah ada.
Jika Anda menggunakan Performance Max pada Google Ads, Anda dapat menyampaikan pesan yang diinginkan sesuai dan tepat waktu pada pelanggan dengan Customer Match. Pesan tersebut akan muncul di Search, Shopping, YouTube, Display, dan Gmail.
2. Temukan pelanggan baru dengan prediksi yang cermat
Prioritas pencapaian marketer lainnya adalah menarik pelanggan yang memiliki potensi konversi tertinggi bagi bisnis.
Maka dari itu, memprediksi siapa pelanggan yang potensial dapat dilakukan dengan target ROAs bidding.
Melakukan target ROAs bidding merupakan strategi berbasis AI yang dapat digunakan di Google Ads.
Pertama, Anda perlu menentukan nilai untuk konversi. Selanjutnya, Anda dapat mengarahkan target ROAs agar dapat dioptimalkan sesuai dengan tujuan yang diinginkan.
Strategi penawaran berbasis AI menganalisis dan memprediksi dengan cerdas nilai konversi potensial setiap kali pengguna mencari produk atau layanan yang Anda iklankan.
Strategi ini mampu membuat pelanggan berinteraksi dengan iklan Anda di berbagai saluran. Kemudian, secara otomatis menyesuaikan penawaran Anda untuk memaksimalkan pengembalian atas investasi.
3. Maksimalkan konversi dengan visual yang kreatif
AI mampu meningkatkan performance marketing dengan memberikan solusi iklan kreatif yang efektif. Hasil pengembangan iklan ini mampu menyumbang hampir 50% dari ROI.
Dengan menggunakan Performance Max yang didukung AI, misalnya, Anda dapat menyampaikan berbagai kombinasi kreatif secara besar-besaran.
Hal ini memungkinkan Anda menemukan kombinasi yang menghasilkan konversi terbaik dan juga mengungkap wawasan untuk membantu menyempurnakan arah kreatif Anda dan mengoptimalkan kampanye berikutnya.
Namun, untuk mendapatkan yang terbaik dari Performance Max, kecerdikan pemasaran Anda sangat penting.
Ketika Anda menyediakan berbagai macam aset kreatif yang beragam dan strategis, termasuk teks yang ditulis dengan baik, gambar yang indah, dan video yang menarik untuk dicocokkan, Performance Max dapat membuat berbagai format iklan dan kombinasi yang bermakna untuk setiap audiens.
Jika tujuan Anda sebagai marketer pada tahun 2024 adalah untuk bekerja lebih cerdas dan mencapai hasil bisnis, mempercepat penggunaan Google AI dalam pemasaran Anda dapat membantu Anda membuka potensi penuh Anda.
Namun, apa yang pada akhirnya akan memberi Anda keunggulan adalah cara Anda menggabungkan keahlian dan kecerdikan Anda dengan teknologi AI.
Baca juga: Merancang Digital Marketing Strategi dengan Generative AI
Itulah bagaimana Anda bekerja dengan pintar menggunakan AI untuk meningkatkan performance marketing Anda.
Tertarik dengan informasi terbaru terkait AI dan teknologi lainnya? Baca artikel PointStar lainnya atau follow akun @pointstar_id sekarang!