Gemini AI: 5 Tips Menulis Prompt yang Baik di Google Workspace Side Panel
Sejak kemunculannya di bulan lalu, Gemini AI di Workspace side panel telah membuat banyak penggunanya merasa lebih terbantu. Saat ini, Anda dapat dengan mudah mengakses dan memproses informasi dari berbagai aplikasi Google Workspace tanpa harus berpindah-pindah antar aplikasi.
Cukup berikan perintah sederhana, dan Gemini akan menyediakan data yang Anda butuhkan langsung di tempat Anda bekerja. Misalnya, Anda bisa mendapatkan ringkasan informasi dari beberapa dokumen tanpa perlu membuka setiap dokumen secara terpisah.
Panel samping memberikan akses cepat untuk menggunakan Gemini agar dapat memproses informasi dari berbagai aplikasi Google Workspace seperti Gmail, Docs, Sheets, Slides, dan Drive.
Anda bisa merangkum, menganalisis, atau bahkan membuat konten baru tanpa perlu berpindah aplikasi. Vishnu Sivaji, Direktur Workspace Product, menjelaskan bahwa tujuan mereka adalah mengintegrasikan aplikasi Workspace lebih erat satu sama lain, dan Gemini sebagai AI adalah kunci untuk mencapai hal tersebut.
Menurutnya, kunci untuk memanfaatkan Gemini secara maksimal dalam rutinitas kerja sehari-hari adalah kemampuan untuk memberikan prompt yang jelas.
Karena pengalamannya, 5 tips terbaik menurut Vishnu Sivaji dalam membuat prompt yang efektif agar pengguna dapat memperoleh hasil optimal dari Gemini melalui panel samping Workspace:
1. Manfaatkan Saran yang Ditampilkan Gemini AI
Saat Anda menggunakan Gemini dalam panel samping aplikasi Workspace, perhatikan saran yang diberikan sesuai dengan aplikasi yang sedang Anda gunakan. Misalnya, di Gmail, Gemini mungkin menawarkan untuk mencari lampiran.
Sementara itu di Docs, Gemini sebagai AI bisa membantu mengubah kalimat, dan di Spreadsheet, memberikan tutorial tentang conditional formatting.
Vishnu Sivaji menuturkan bahwa fitur-fitur yang tersedia di panel samping merupakan hasil dari penelitian, pengujian, dan pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna.
2. Prioritaskan Aspek Penting seperti Persona, Task, Context, dan Format
Menurut penuturan dari Vishnu Sivaji, ketika kita menulis prompt ada 4 hal yang harus diperhatikan dengan seksama yaitu persona, task, context, dan format. Menggunakan beberapa saja sudah cukup, tidak perlu memakai semuanya.
Untuk penjelasan lebih detailnya mengenai 4 aspek tersebut di dalam AI, lebih tepatnya Gemini, kami jelaskan di bawah ini:
- Persona: Merupakan sudut pandang yang Anda ingin Gemini terapkan.
- Task: Merupakan instruksi jelas tentang apa yang harus dilakukan.
- Context: Memberikan detail pendukung untuk membantu Gemini mengerti permintaan dan menghasilkan jawaban yang sesuai.
- Format: Menjelaskan bagaimana hasil akhir seharusnya terlihat.
Misalnya, Anda dapat memberi instruksi seperti ini:
“Saya berperan sebagai manajer proyek” (persona) “dan ingin membuat daftar rinci tahapan proyek” (task) “untuk merancang ulang website” (context) “dalam bentuk tabel sederhana yang mencakup tanggal, status, dan aktivitas.” (format)
Baca juga: Tentang Apps Google: Memanfaatkan Gemini untuk Workspace Sebagai Asisten Riset Bagi Tim Sales
3. Menggunakan Simbol “@” untuk Memberikan Gemini sebagai AI Informasi Lebih Lanjut dari File Lainnya
Mirip dengan cara Anda menggunakan simbol “@” untuk mengakses Docs atau Spreadsheet di Google Workspace, Anda dapat menggunakannya juga untuk memberikan petunjuk lebih jelas kepada Gemini sebagai AI.
Ini memungkinkan Gemini memahami konteks lebih baik dengan menghubungkan informasi dari berbagai aplikasi Workspace Anda secara efisien.
Sebagai salah satu contohnya, jika Anda sedang mengatur sebuah acara perusahaan kemudian seorang rekan Anda meminta detail seputar hotel, Anda bisa meminta AI yaitu Gemini mencari informasi tersebut dari dokumen perencanaan acara menggunakan simbol “@”.
Dengan cara ini, Anda dapat memperoleh nama hotel dan kontak penjualannya langsung dari Gmail dan memasukkannya ke dalam balasan email Anda.
4. Coba dan Perbaiki Terus untuk Hasil yang Maksimal.
Ubah terus perintah Anda dan coba berbagai cara, seperti menggunakan kata-kata lain, menambahkan lebih banyak detail, atau membuat perintah lebih singkat atau lebih panjang. Perintah yang lebih panjang biasanya lebih efektif.
Jika Anda merasa masih belum puas dengan jawaban, jangan ragu untuk bertanya lebih lanjut jika perlu kepada AI Gemini. Intinya adalah, jika Anda gagal jangan pernah menyerah, teruslah mencoba sampai mendapatkan hasil yang maksimal menurut pandangan Anda.
5. Bagikan yang menurut Anda efektif dan yang Bisa Ditingkatkan Lagi
Seperti yang dituturkan oleh Vishnu Sivaji bahwa saat mengembangkan Gemini untuk Google Workspace, tim mulai mengumpulkan contoh-contoh penggunaan dan hasil dari AI ini.
Dari sini, mereka belajar tentang bagaimana orang-orang menggunakan AI, apa yang bisa dan tidak bisa dilakukannya. Misalnya, banyak orang menggunakannya untuk meringkas perjalanan atau mencari informasi penting dari dokumen.
Berdasarkan masukan tersebut, mereka terus memperbaiki Gemini, seperti membuat AI tersebut menjadi lebih pintar dalam memahami informasi dari berbagai sumber.
Mereka terus mengumpulkan banyak pendapat dari para karyawan Google serta pengguna terpercaya, karena pada dasarnya pendapat dan masukan sangat berharga untuk menjadikan sebuah produk lebih baik nantinya.
Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Pelayanan Pelanggan dengan Bantuan Artificial Intelligence
5 Tips dari Direktur Workspace Product yaitu Vishnu Sivaji, bisa Anda jadikan referensi untuk membuat prompt yang efektif, untuk nantinya menghasilkan hasil yang optimal untuk bisnis Anda.
Tingkatkan kinerja bisnis Anda dengan Gemini untuk Google Workspace. Sebagai AI yang canggih, Gemini membantu Anda menghemat waktu, meningkatkan produktivitas, dan membuka peluang bisnis baru. Segera hubungi tim PointStar Indonesia!