Event Wrap-up: Google Cloud Next Gen Automation: Hands-On with Agentic AI
Felia Putri2025-06-24T13:36:19+07:00
Jakarta, 18 Juni 2025 – PointStar Indonesia baru saja menggelar acara bertajuk Google Cloud Next Gen Automation: Hands-On with Agentic AI, pada Rabu, 18 Juni 2025. Berlokasi di kantor pusat PointStar di Jakarta, acara ini menjadi platform diskusi mengenai penggunaan Agentic AI, teknologi kecerdasan buatan yang lebih canggih daripada model tradisionalnya.
Sebagai kecerdasan buatan, Agentic AI tidak hanya mengandalkan respons yang diberikan, namun dirancang untuk berpikir, beradaptasi, dan bekerja sama dengan berbagai alat dan sistem. Sehingga, melalui acara ini, PointStar Indonesia berupaya untuk memperkenalkan solusi yang bisa diberikan Agentic AI, bila digunakan dalam kegiatan operasional bisnis.
Revolusi Proses Kerja dengan Efisiensi dan Pengambilan Keputusan Optimal
Bagi bisnis di berbagai sektor, seperti retail, keuangan, IT, manufaktur, hingga pendidikan, Agentic AI bisa menjadi solusi untuk menciptakan revolusi dalam kegiatan operasional dan proses kerja sehari-hari.
Pembicara di acara ini, selaku tim ahli dari PointStar Indonesia, menjabarkan tentang bagaimana Agentic AI bisa mendukung pengambilan keputusan melalui wawasannya yang akurat, dan terus beradaptasi sehingga bisa langsung digunakan.
Sebab, Agentic AI akan bekerja secara mandiri dengan berorientasi pada tujuan untuk memberikan hasil terbaik. Agentic AI mampu memulai tugas sendiri, lalu membuat keputusannya sendiri, sambil terus beradaptasi pada perubahan dan belajar seiring waktu, agar kemampuan berpikirnya menjadi lebih fleksibel saat mengerjakan perintah.
Nantinya, para pelaku bisnis yang menggunakan Agentic AI, bisa menciptakan efisiensi kerja, meningkatkan pengalaman menyenangkan bagi pelanggan, sekaligus mengurangi potensi munculnya risiko yang mengintai bisnisnya.
Agent AI Generatif, dan Potensi Keunggulannya di Berbagai Industri
Pemaparan Sesi Hands-On with Agentic AI dari Lingga Maulana – Data Manager PointStar Indonesia
Dalam kesempatan kali ini, ahli dari PointStar Indonesia juga mengajak para peserta untuk melihat bagaimana Agent AI–sebagai aplikasi kecerdasan buatan yang berpikir menggunakan input miliknya–bisa mewujudkan transformasi dan perubahan signifikan dalam operasional bisnis di berbagai sektor.
Misalnya, jika menggunakan Agent AI untuk pengelolaan karyawan, tim Human Resources bisa melakukan on-boarding karyawan dengan lebih terstruktur, atau mengelola invoice pembayaran secara otomatis bahkan minim risiko kesalahan.
Atau, bagi pelaku bisnis B2C yang bergelut di dunia e-commerce, kehadiran Agent AI bisa berguna untuk memudahkan proses pembuatan katalog produk, memasukkan produk ke dalam etalase toko, hingga mengatur dan mengelola order yang diterima.
Selain itu, Agent AI juga bisa digunakan dalam memaksimalkan operasional dan automasi pusat informasi, navigasi, serta sistem dukungan lain bagi bisnis.
Hadirkan Agentic AI dalam Bisnis dengan Google Cloud Platform
Antusiasme peserta dalam menjelajahi Agentic AI di Google Cloud Platform
Untuk menggunakan Agentic AI dalam kegiatan operasional bisnis, Google Cloud menawarkan platform komprehensif yang didukung oleh Gemini, Google Search dan Agent Gallery.
Google Cloud Platform akan bertindak sebagai sebuah pusat kendali, yang menghubungkan semua aplikasi yang digunakan dalam pekerjaan, seperti misalnya Google Drive, Google Sheets, Google Calendar dan lain sebagainya.
Nantinya, para pengguna bisa membuat agen-agen AI secara mudah, dan melakukan kustomisasi sesuai data dan kebutuhannya masing-masing.
Setidaknya ada 4 komponen utama dari Agentic AI saat mengeksekusi perintah dari pengguna, yaitu:
- Model AI: untuk berpikir, menentukan rencana, dan memberikan jawaban
- Tools: untuk mengumpulkan data dan melakukan tindakan yang dibutuhkan pengguna
- Orchestration: untuk mengatur dan mengelola semua komponen
- Runtime: untuk menentukan waktu eksekusi saat sistem AI sudah beroperasi
Kesempatan Eksplorasi Lewat Demo dan Pengalaman Langsung bagi Peserta
Demo dan hands-on experience peserta mencoba membuat Agentic AI
Tak hanya presentasi materi oleh pembicara, di acara ini para peserta juga diberikan sesi tanya jawab untuk memperjelas pemahamannya. Kemudian, para peserta mendapatkan kesempatan untuk bereksplorasi secara langsung dengan mencoba Agentic AI yang dipandu oleh tim ahli dari PointStar Indonesia.
Eksplorasi dalam acara kali ini, mengajak peserta untuk berkenalan dengan agent-agent dalam Google Cloud Platform, dan bagaimana kegunaan dari setiap agent tersebut bisa membantu efektivitas kebutuhannya.
Selain itu, tim ahli dari PointStar Indonesia juga mencoba memberi gambaran menyeluruh kepada peserta, mengenai kemudahan dalam proses pembuatan Agent AI, khususnya dengan menggunakan Google Cloud Platform.
Untuk memberikan pengalaman langsung, para peserta juga berkesempatan untuk mencoba membuat sendiri sebuah agent AI, yaitu Conversational Agent, berupa chatbot canggih atau asisten virtual yang bisa berinteraksi dengan manusia.
Berbekal dari pengalaman uji coba tersebut, PointStar Indonesia berharap para peserta bisa lebih familiar dan siap menggunakan Google Cloud Platform, termasuk juga aplikasi pembuatan Agentic AI yang ada di dalamnya.