Google Meet Hardware License FAQ

Ada pertanyaan tentang Lisensi Google Meet Hardware?

Kami punya jawabannya.

Saat Anda memesan  Google Meet Hardware, untuk setiap perangkat yang Anda pesan, Anda juga membeli lisensi perangkat lunak untuk perangkat tersebut. Pembelian perangkat dan lisensi keduanya berlangsung selama proses pemesanan yang sama.

Saat Anda mendaftarkan Google Meet hardware, proses pendaftaran secara otomatis menetapkan salah satu lisensi Anda yang tersedia ke perangkat. Jika Anda tidak memiliki lisensi yang tersedia, Anda tidak dapat mendaftarkan perangkat.

Anda dapat melihat jumlah lisensi yang saat ini digunakan di konsol Google Admin di bagian Penagihan.

Jika Anda memiliki pertanyaan tentang perpanjangan, hubungi kami di id-sales@point-star.com . Lisensi Anda tidak akan diperpanjang secara otomatis melalui Google.

Saat tanggal perpanjangan Anda semakin dekat, Google mengirimkan email pengingat kepada Anda. Untuk memperpanjang lisensi, hubungi Sales Rep Google atau reseller tempat Anda membeli Google Meet hardware. 

Jika Anda membeli lebih dari satu lisensi Google Meet hardware, semua lisensi Anda akan diperpanjang pada tanggal perpanjangan lisensi pertama yang Anda beli. Untuk semua lisensi setelah lisensi pertama, periode lisensi awal dan biaya terkait diprorata agar sesuai dengan tanggal perpanjangan.

Catatan: Tanggal perpanjangan lisensi hardware Google Meet Anda berbeda dari tanggal perpanjangan Google Workspace Anda yang lain. Lisensi tersebut diperbarui secara terpisah.

Jika hardware perangkat rusak atau diganti dengan model lain, Anda mungkin perlu mengalihkan lisensi dari perangkat yang ada ke perangkat baru.

Deprovisioning perangkat lama (ini memungkinkan lisensi digunakan untuk perangkat baru).
Selesaikan Pendaftaran Dasar untuk perangkat baru.
Catatan: Lisensi yang tersedia akan diterapkan ke perangkat baru, tetapi setelan dari unit lama tidak akan diterapkan ke perangkat baru.

Tips: Anda dapat mendaftarkan ulang perangkat yang telah dicabut aksesnya, jika perlu.

Jika domain jaringan organisasi Anda berubah, semua lisensi yang ada dapat didistribusikan ulang dari domain lama ke domain baru. Hubungi Dukungan Google Cloud untuk mendapatkan bantuan.

Secara umum, semua lisensi harus ditransfer ke domain baru. Google tidak mengizinkan redistribusi sebagian.

Persyaratan untuk transfer lisensi penuh adalah:

  1. Semua lisensi harus dipindahkan dari DomainA.com ke DomainB.com
  2. Sebelum transfer, DomainB.com tidak dapat memiliki lisensi CFM yang aktif
  3. DomainB.com tidak dapat menjadi domain di versi gratis Google Workspace

Kegagalan untuk memperbarui
Kegagalan untuk memperbarui lisensi yang disediakan pada akhir masa berlaku Anda akan mengakibatkan layanan manajemen Anda ditangguhkan. Anda akan diberikan masa tenggang untuk memperbarui lisensi Anda. Jika Anda tidak memperpanjang lisensi dalam periode ini, perangkat dan layanan hardware Google Meet terkelola Anda akan otomatis dicabut aksesnya.

Pelanggaran dan de-provisioning perangkat
Selama masa tenggang, Anda tidak akan dapat mengubah setelan pengelolaan atau mengambil tindakan selain de-provisioning dengan perangkat. Saat masa tenggang Anda berakhir, bagian pengelolaan perangkat terkait tidak akan dapat diakses lagi dalam konsol Admin. Selain itu, perangkat apa pun yang masih dalam status ‘Disediakan’ pada akhir masa tenggang Anda akan dipindahkan ke status tunggakan dan tidak akan lagi menyinkronkan kebijakan. Jika Anda membeli kembali lisensi, semua perangkat yang bermasalah akan diaktifkan kembali secara otomatis.