Tokopedia Menghadirkan Google Workspace untuk Kolaborasi Nakama yang lebih Efektif dan Efisien

Tokopedia

Tokopedia Menghadirkan Google Workspace untuk Kolaborasi Nakama yang lebih Efektif dan Efisien

Tokopedia didirikan pada tahun 2009 dengan sebuah misi untuk mewujudkan pemerataan ekonomi digital di seluruh Indonesia. Tokopedia dibangun untuk menemukan solusi yang tepat bagi kekhawatiran penjual maupun pembeli dalam bertransaksi secara online yang disebabkan oleh tingginya kasus penipuan yang terjadi saat transaksi online. Tokopedia hadir untuk menjembatani penjual dan pembeli di seluruh Indonesia melalui penyediaan platform digital yang aman untuk memastikan kenyamanan transaksi online di antara mereka. 

Dengan visinya untuk membangun Super Ecosystem, Tokopedia memungkinkan semua orang untuk memulai aneka bisnis dan menemukan barang apapun yang mereka butuhkan. Tokopedia telah menjadi pelopor transformasi digital di negara ini. Sebagai perusahaan teknologi yang besar, cakupan bisnis Tokopedia tidak hanya terbatas pada pangsa marketplace, namun juga mencakup lini bisnis lainnya, seperti (1) Marketplace dan Produk Digital; (2) Fintech dan pembayaran digital; (3) Logistik dan Fulfillment; (4) Mitra Tokopedia, yang tersedia dalam aplikasi terpisah yang bertujuan untuk memberdayakan UMKM agar bisa berkembang lebih baik. 

Saat ini, Tokopedia telah menjadi wadah bagi lebih dari 11 juta penjual di mana 86.5% di antaranya merupakan usaha baru. Tokopedia memasarkan lebih dari 550 juta produk ke lebih dari 110 juta pengguna aktif setiap bulan yang tersebar dari 99% kecamatan yang ada di Indonesia. Berdasarkan penelitian, Tokopedia berkontribusi lebih dari 1% perekonomian yang ada di Indonesia. 

Sejak awal Tokopedia menyadari betapa pentingnya solusi produktivitas berbasis Cloud. Di era modern ini segala hal serba cepat, sehingga kolaborasi dan komunikasi harus bisa dilakukan secara cepat, tanpa dibatasi oleh jarak dan waktu. Google Workspace menjadi pilihan utama karena dapat mengakomodasikan lebih dari 6.000 Nakama (karyawan Tokopedia) dalam  hal kolaborasi.  

Tanpa menggunakan solusi berbasis Cloud, Tokopedia tidak akan bisa berkolaborasi secara efektif dan cepat dengan divisi lain dalam sebuah dokumen. Proses review dan feedback tidak bisa diselesaikan secara real-time sehingga membuat pekerjaan menjadi kurang efektif dan efisien. Selain itu, share beragam dokumen pun menjadi lebih sulit, terutama untuk melacak perubahan yang terjadi dalam dokumen tersebut.

Dari perspektif tim IT, jika tanpa menggunakan solusi berbasis Cloud, tim mereka akan disibukkan dengan berbagai instalasi aplikasi di laptop, maintenance mail server, dan berbagai hal lain yang membutuhkan sumber daya yang tidak sedikit.

Rebranding G Suite menjadi Google Workspace ini mampu menjawab semua kebutuhan dan tantangan yang dihadapi tim Tokopedia dalam satu paket solusi yang lengkap. Mulai dari solusi produktivitas yang bisa diakses dari mana saja secara real-time, solusi komunikasi video conference yang terintegrasi dengan kalender, serta solusi Single Sign On(SSO) yang membuat proses login ke aplikasi lain yang dipakai Nakama menjadi lebih mudah dan aman.

Selain itu, Google Workspace juga dapat diandalkan karena tidak membutuhkan banyak maintenance, sehingga tim IT di Tokopedia dapat menghemat lebih banyak waktu. Daripada melakukan maintenance, tim IT Tokopedia bisa lebih fokus kepada hal lain yang lebih penting dan strategis.

Perusahaan yang telah berdiri lebih dari 11 tahun ini menggunakan Google Workspace Business Starter dan Google Workspace Enterprise Plus sebanyak lebih kurang 8000 lisensi. Prosesnya aktivasinya cukup mudah dan tidak merepotkan, dan dengan support yang baik dari PointStar sebagai Google Premier Partner, prosesnya juga menjadi lebih cepat.

PointStar sebagai mitra Premier Google yang tersertifikasi telah membantu Tokopedia dalam mengimplementasikan Google Workspace. PoinStar juga senantiasa memberikan Tokopedia pendampingan dalam menggunakan Google Workspace secara optimal.

Di Tokopedia, keamanan data menjadi salah satu prioritas utama. Kehadiran PointStar yang memfasilitasi sharing security best practice secara berkala, sangat membantu untuk selalu meningkatkan level keamanan terhadap data yang dimiliki Tokopedia.

Di sisi lain, PointStar juga melakukan pembaharuan secara berkala terkait fitur baru yang juga ada pada Google Workspace, sehingga tim di Tokopedia dapat dengan mudah dan cepat mengadopsi fitur baru tersebut untuk meningkatkan produktivitas mereka.

Dengan solusi all-in-one yang disediakan oleh Google Workspace, Tokopedia merasakan berbagai keunggulan dalam satu solusi. Dari sisi karyawan Tokopedia, produktivitas meningkat karena kolaborasi juga dapat berjalan dengan lebih cepat. Selain itu, komunikasi antar Nakama juga menjadi lebih mudah untuk dilakukan. Kehadiran Google Workspace juga memungkinkan karyawan Tokopedia memiliki fleksibilitas untuk dapat bekerja di mana pun dengan berbagai macam perangkat.

Secara statistik, ada ribuan dokumen yang dibuat dan dikerjakan bersama setiap harinya oleh Nakama melalui Google Workspace. Dari sisi biaya, solusi berbasis Cloud ini memungkinkan tim di Tokopedia menghemat pengeluaran untuk pengadaan server dan perawatannya. 

Sedangkan dari sisi resources pun tidak terlalu banyak membutuhkan waktu dan tenaga, sehingga biaya manpower bisa ditekan dan dialihkan untuk hal lainnya. Dengan kata lain, secara keseluruhan, perbandingan antara biaya dan manfaat serta layanan yang diberikan oleh Google Workspace sangat kompetitif.