Samator

Samator merupakan perusahaan yang bergerak dalam industri gas dan sebagai perusahaan gas industri terbesar di Indonesia, perusahaan ini telah yang terakreditasi SGS ISO 9001:2000. 

Dibawah naungan PT Aneka Gas Industri, Samator telah menjadi spesialis produsen gas selama tiga dekade. Dengan fasilitas produksi tersebar di Bali, Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur dan Kalimantan Selatan, Sulawesi dan Sumatera.

Didukung oleh jaringan distribusi lebih dari 60 filling station di kota-kota di Indonesia dengan lebih dari 60 truk tangki dan 15 pabrik gas industri yang tersebar di seluruh Nusantara. 

Samator telah bekerja keras untuk membuat jaringan yang kuat dengan membangun pabrik Air Separation di banyak provinsi seperti di Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sumatera dan Sulawesi.

Mengantongi visi mampu memperluas wilayah usaha dan mengembangkan produk layanan serta teknologi, Samator berusaha mewujudkan visi yang tertanam di dalam perusahaan tersebut dengan menggandeng PointStar untuk implementasi G Suite. Samator mulai menggunakan G Suite sejak akhir tahun lalu karena ingin mengedepankan kolaborasi, efektivitas dan sinkronisasi antar perangkat.

Memiliki total pegawai lebih dari tiga ribu orang, Samator ingin menjamin jika komunikasi dan sinkronisasi pekerjaan berjalan mulus. 

Masalah yang terbesar (menurut saya) adalah masalah kolaborasi, jadi sebelumnya, kalau kita mau berkolaborasi dalam satu dokumen itu sangat sulit

Imelda Harsono – RISK, TECHNOLOGY & COMPLIANCE DIRECTOR

Berkolaborasi di dalam satu dokumen menjadi kendala besar bagi pegawai Samator. Dengan ribuan karyawan yang tersebar di penjuru negeri, diperlukan fasilitas kolaborasi yang memadai agar dapat memangkas waktu terbuang yang bisa dialihkan untuk pekerjaan lain. Saat mencoba mengakses dokumen yang sama, diperlukan waktu yang tidak sebentar, karena fitur kolaborasi yang belum memadai.

Kantor yang memulai bisnisnya sejak tahun 1975 ini merasa proses bisnis bisa dipercepat dari produksi hingga distribusi yang bisa dilakukan secaara real-time di era teknologi digital ini. Jika dulu proses bisnis bisa dikerjakan dalam hitungan jam atau hari, sekarang bisa dalam hitungan detik.

Semenjak beralih ke G Suite, proses bisnis yang diharapkan bisa dilakukan dengan cepat, sudah dapat diterapkan di perusahaan. Apapun yang dikerjakan oleh orang di divisi lain, tim bisa langsung mengetahui dan bisa mengubahnya saat itu juga, di dalam satu dokumen yang sama. 

Laporan produksi yang diterapkan di perusahaan yang dipimpin oleh Arief Harsono ini telah menggunakan teknologi digital. Setiap orang yang mendapatkan perubahan shift kerja, dapat langsung melakukan pembaruan di dalam log sheet yang sama berikut dengan hasil produksi yang didapatkan setiap jam.

Tidak hanya dari sisi kolaborasi, Samator juga menimbang faktor uptime, yakni ukuran berapa lama server berjalan, untuk menjamin bisnis tetap bisa beroperasi tanpa gangguan teknis.

Uptime di G Suite saat ini sesuai dengan service level agreement Google (yaitu) 99%, paling bagus sih.

Dedy Setiawan – MANAGER OF IT INFRASTRUCTURE

Sistem email yang digunakan Samator sebelumnya hanya memiliki uptime sebesar 95%, sehingga pada saat 5% tersebut downtime dan user tidak bisa mengirim email dan tidak bisa mengakses email dari manapun.

Ada tiga poin, yang pertama kolaborasi, yang kedua efektivitas waktu dan yang ketiga sinkronisasi antar perangkat, jadi lebih mudah.

Cahyo Purnanto – TRANSFORMATION OFFICE SPV

Poin yang tidak kalah penting adalah tentang efisiensi waktu dan biaya. Dengan menggunakan software berbasis cloud ini, pertemuan tatap muka dapat dikurangi intensitasnya dan diganti dengan pertemuan berbasis online dengan para kepala filling yang tersebar di seluruh daerah. 

PointStar sebagai mitra premier Google di Indonesia telah membantu Samator melakukan transformasi digital. Sebanyak 1,737 user telah berhasil bermigrasi ke G Suite. Dibantu oleh tim PointStar yang mengunjungi langsung kantor Samator untuk memberikan pelatihan menyeluruh terkait produk yang tersedia di G Suite. 

“Tidak (aja) training, tapi train the trainer, jadi akhirnya (orang-orang) kami yang sudah di train oleh PointStar bisa mentraining tentang Google Suite ini pada karyawan lain yang ada di Samator,” tutup Imelda Harsono – Risk, Technology & Compliance Director di Samator.

Share this post

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on email
Email