MyRepublic

MyRepublic

MyRepublic Indonesia Membangun Sistem Kerja Seamless Menggunakan Google Workspace Bersama PointStar

Sepak terjang MyRepublic sebagai salah satu perusahaan telekomunikasi dengan perkembangan paling pesat di Asia Pasifik dimulai pada 2011 oleh Malcolm Rodrigues, KC Lai, dan Greg Mittman di Singapura. MyRepublic merupakan perusahaan telekomunikasi pertama di dunia yang menggunakan platform cloud. Sebuah keputusan yang tepat; hanya dalam satu tahun, jumlah pengguna MyRepublic telah berkembang 1000% dan meraup pendapatan di atas 5 juta dolar Singapura. Di 2014, MyRepublic menggebrak pasar Asia Tenggara sebagai provider pertama yang menghadirkan paket internet 1Gbps di harga terjangkau, yakni S$49.95 (sekitar 500 ribu Rupiah). Di tahun yang sama, MyRepublic mendapat suntikan dana dari grup SinarMas sebesar 34.4 juta dolar Singapura. 

Selain melebarkan sayap ke pasar Indonesia pada 2015, MyRepublic kini juga hadir di Singapura, Selandia Baru, Australia, dan Brunei Darussalam, menawarkan berbagai layanan dari Internet berkecepatan tinggi, TV kabel, hingga mobile services (tersedia di Singapura). Bagi pasar Indonesia, MyRepublic menawarkan koneksi internet berkecepatan tinggi dan stabil bagi bisnis maupun pengguna pribadi. Dalam perkembangannya, koneksi latensi rendah dari MyRepublic merangkul komunitas gamers, menyediakan infrastruktur fibre optic dan kestabilan IP statis yang mendukung kelancaran professional scene dan turnamen Esports.

*quote mengenai milestone dan business development MyRepublic*

Perkembangan pesat MyRepublic tidak lain turut ditunjang oleh kepiawaian sistem internal yang memungkinkan komunikasi dan transfer data antar divisi dilakukan secara seamless. PointStar bangga dapat membantu MyRepublic Singapura dan Indonesia mewujudkan sistem kinerja ini melalui pengaplikasian Google Workspace. 

Sebelumnya, MyRepublic mengandalkan on-premise email server yakni Zimbra dan Microsoft Exchange. Ketika terjadi penambahan 600 karyawan pada saat ekspansi MyRepublic, terjadi peningkatan penggunaan email yang cukup tinggi, implikasi dari hal tersebut adalah menurunnya performa kedua email server on-premise. Hal ini dapat mengganggu operasional perusahaan yang saat itu sedang berekspansi.

Selain itu mengelola dua email server yang berbeda platform cukup memakan waktu. Hal-hal operasional seperti penambahan user, perubahan jabatan, dan atribut lainnya harus dilakukan di dua platform berbeda. Belum lagi, jika terjadi gangguan pada pengiriman email, pemeriksaan lognya juga harus dilakukan di kedua platform tersebut. Maintenance yang sering dilakukan turut berdampak pada terganggunya proses pengiriman email.

Tantangan lain yang muncul adalah kolaborasi antar tim. MyRepublic membutuhkan “Single source of truth” yakni pemusatan data ke satu source. Sedangkan, kebutuhan tersebut tidak terjawab menggunakan platform email yang digunakan saat itu. MyRepublic membutuhkan suatu platform yang memiliki fleksibilitas, platform yang dapat digunakan secara bersama-sama, dimana saja dan kapan saja agar proses ekspansi dapat berjalan dengan lebih cepat dan lebih baik.

Google Workspace merupakan salah satu penyedia layanan cloud computing terbaik di dunia yang memiliki pilihan productivity dan collaboration tools lengkap serta terintegrasi rapi antar satu sama lain. MyRepublic akhirnya mempercayakan pengaplikasian dan change management-nya kepada PointStar sebagai Google Premier Partner untuk pengaplikasian Google Workspace, khususnya Google Drive dan GMail. Seluruh proses migrasi selesai dalam waktu 2-3 bulan, tanpa adanya masalah.

*quote before-after penggunaan GWS MyRepublic*

Kini, dengan menggunakan Google Drive untuk menyimpan data, seluruh data MyRepublic berada di satu cloud yang aman. Data dapat diakses di mana saja dan kapan saja. Pencarian data juga dipermudah, pengguna dapat mengetik nama file di kolom ‘search’. Semua data di backup otomatis tanpa khawatir terjadi kehilangan (data-loss). 

Selain itu, perpindahan menuju GMail, menjamin user experience yang seamless dengan support tanggap 24 jam. Sebagai salah satu server surel elektronik terbaik di dunia, GMail tidak memiliki maintenance maupun downtime terjadwal. Selain pemakaian yang mudah dan ramah bagi pengguna, proses untuk mendaftarkan pengguna baru di server GMail perusahaan juga cepat.

*quote komitmen peningkatan layanan MyRepublic untuk pelanggan*

Keputusan MyRepublic Singapura dan Indonesia untuk menggunakan Google Drive dan GMail telah membentuk sistem kinerja internal yang handal, fleksibel, mudah digunakan, dan aman. Kini, komunikasi antar divisi telah seamless dan seluruh data berada di satu cloud aman yang mudah disortir dan pelayanan MyRepublic kepada para pelanggan semakin memuaskan.

Share this post

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email