Case Study: Efektivitas Braze dalam Meningkatkan Customer Engagement, Bagaimana untuk Pasar Indonesia?
Seiring dengan perkembangan teknologi, persaingan bisnis menjadi semakin ketat bahkan pelanggan pun jadi makin kritis dan pemilih. Dan di sini, customer engagement bisa jadi salah satu kunci keberhasilan, dengan cara “memikat” pelanggan untuk loyal pada bisnis.
Tapi, tentu bukan strategi yang sembarangan, melainkan yang efektif dan efisien, termasuk juga menghadirkan pengalaman personalisasi. Selain itu, menjaga komunikasi dengan pelanggan pun harus diperhatikan dan dirancang dengan matang.
Nah, di sinilah Braze berperan. Sebagai salah satu platform customer engagement, Braze terbukti mampu membantu brand besar meningkatkan retensi, revenue, dan kepuasan pelanggan lewat komunikasi yang relevan dan personal.
Kali ini, mari kita lihat lebih mendalam tentang bagaimana Braze menunjukkan kemampuannya dalam menciptakan customer engagement yang efektif di pasar Indonesia.
Apa Itu Braze?

Singkatnya, Braze adalah platform customer engagement yang membantu bisnis berkomunikasi dengan pelanggan. Bukan komunikasi biasa, melainkan strategi omnichannel yang terintegrasi, mulai dari email, push notification, SMS, in-app messages, sampai web messages.
Beberapa fitur unggulannya antara lain:
- Journey Orchestration: membuat alur komunikasi otomatis berdasarkan perilaku pelanggan. Misalnya, kirim notifikasi khusus pengguna yang meninggalkan produk di keranjang.
- Personalization at Scale: menyesuaikan setiap pesan yang dikirimkan berdasarkan data dan preferensi momen pelanggan.
- Reliability & Security: mampu menghandle traffic besar lengkap dengan standar keamanan berskala global.
Banyak brand global seperti Canva, Burger King, hingga HBO sudah bekerjasama dan memanfaatkan Braze untuk mendorong engagement mereka.
Mengapa Customer Engagement Itu Penting?
Saat ini banyak bisnis masih sepenuhnya mengandalkan pendekatan lama seperti blast email, notifikasi massal, atau campaign tanpa segmentasi.
Sayangnya, strategi ini justru tetap berpotensi menurunkan open rate, menimbulkan kesan spam, dan mendorong churn, jika tidak dilakukan dengan benar.
Dengan Braze yang menawarkan strategi customer engagement personal dan real-time, beberapa prestasi yang didapatkan oleh bisnis adalah sebagai berikut:
- 3x peningkatan sign-ups
- 300% kenaikan revenue per user
- 20% pengurangan churn
- 6x click rate lebih tinggi
Baca juga: AI dalam Customer Engagement: Peluang Besar dan Tantangan Nyata untuk Bisnis Modern
Manfaat Customer Engagement di Berbagai Industri

Meski secara garis besar customer engagement adalah strategi bisnis yang penting, berikut ini contoh bagaimana customer engagement bermanfaat pada berbagai industri. Misalnya:
- Ecommerce: meningkatkan konversi dengan campaign personal, atasi abandoned cart, dan dorong repeat purchase.
- Retail: mengombinasikan pengalaman offline & online, loyalty program, serta promo berbasis lokasi.
- F&B: memaksimalkan promosi menu baru, campaign waktu tertentu, dan update status delivery secara real-time.
- Fintech: membuat proses onboarding menjadi lebih mulus, kirim notifikasi transaksi yang aman, dan cross-sell produk finansial.
Tantangan Bisnis di Indonesia
Meski potensinya besar, bisnis di Indonesia punya tantangan unik. Banyak pelanggan yang lebih aktif di kanal tertentu seperti WhatsApp, serta kenyataan bahwa di Indonesia ada regulasi khusus terkait data dan privasi.
Oleh karena itu, bagi bisnis yang ingin melakukan komunikasi dengan pelanggan, perlu memastikan bahwa strategi yang dijalankan sesuai dengan kondisi pasar Indonesia.
Demi hasil yang optimal, strategi ini harus memperhatikan bagaimana segmentasi yang dibutuhkan, tone komunikasi yang harus digunakan, bahkan channel komunikasi yang dipilih.
Baca juga: 5 Kesalahan dalam Strategi Customer Engagement, Wajib Dihindari!
Peran PointStar sebagai Partner Braze
Sebagai partner resmi Braze di Indonesia, PointStar siap membantu bisnis di semua tahap perjalanan customer engagement, mulai dari:
- Konsultasi strategi: memahami kebutuhan dan merancang journey yang pas.
- Implementasi & integrasi: setup Braze, hubungkan dengan data yang sudah ada.
- Pelatihan & support lokal: memastikan tim internal paham cara memaksimalkan Braze.
- Optimasi berkelanjutan: memantau performa campaign dan terus melakukan perbaikan.
Segera hubungi kami untuk informasi dan konsultasi lebih lanjut.