5 Tren Teknologi yang Dapat Diimplementasikan oleh Marketer untuk Mendukung Strategi Penjualan
Sebagai marketer, tentu saja meningkatkan penjualan menjadi salah satu tujuan melakukan pemasaran produk dan bisnis. Strategi penjualan harus dipikirkan dan diimplementasikan oleh marketer dengan baik. Strategi penjualan yang baik dapat membantu meningkatkan kesadaran akan fungsi produk yang dijual, meningkatkan loyalitas pelanggan, dan meningkatkan penjualan.
Salah satu strategi penjualan yang dapat diimplementasikan adalah dengan penggunaan teknologi. Untuk menjual produk, tidak hanya cara konvensional saja yang dibutuhkan. Kini, dukungan teknologi dibutuhkan agar kegiatan pemasaran lebih efisien.
Artikel ini akan membahas tren teknologi yang dapat diimplementasikan oleh marketer untuk mendukung strategi penjualan. Inilah 5 tren teknologi tersebut yang dapat membantu meningkatkan penjualan perusahaan.
Konten Autentik yang Panjang
Untuk memasarkan konten, tren telah bergeser menuju konten panjang yang sifatnya edukatif. Konten ini berisi informasi yang dapat membantu pelanggan daripada hanya menjual secara terang-terangan.
Konten yang baik adalah yang dapat menjawab keresahan dan pertanyaan pelanggan serta dapat membantu pelanggan untuk mengambil keputusan yang tepat dengan kebutuhan mereka. Anda dapat membuat strategi penjualan menggunakan konten berupa postingan sosial media, blog, ataupun email blast.
Konten Video Berdurasi Pendek
Konten edukasi dan informatif yang panjang masih menarik dan kuat untuk memasarkan produk melalui blog atau podcast. Namun, video berdurasi pendek mulai menyaingi kekuatan konten autentik yang panjang.
Pengguna sosial media sudah terbiasa dengan TikTok atau Instagram Reels yang mampu memberikan mereka informasi dan hiburan dari potongan-potongan video. Anda dapat memanfaatkan tren ini untuk mengkomunikasikan produk Anda dengan cepat dan efektif.
Dengan konten ini, Anda dapat menyampaikan pesan hanya dalam hitungan detik. Ada baiknya untuk memperkuat konten pendek Anda dengan konten panjang yang dapat dibaca atau didengar lebih lengkap oleh pelanggan yang membutuhkan produk Anda.
Chatbot AI
Chatbot dan AI membantu percakapan dengan pelanggan lebih canggih dan mudah. Pelanggan dapat bertanya terkait produk dan mendapatkan jawabannya langsung dengan bantuan chatbot. Baik usaha kecil maupun perusahaan besar dapat menggunakan chatbot AI untuk terhubung dengan pelanggan mereka sepanjang waktu.
Jawaban untuk Pencarian Suara
Layanan pencarian menggunakan suara seperti Google Assistant dapat menjadi peluang untuk melancarkan strategi penjualan Anda. Banyak orang yang terbiasa untuk melakukan pencarian menggunakan pencarian suara sehingga ada kemungkinan orang akan menemukan situs web atau konten pemasaran Anda melalui pencarian suara.
Ingatlah untuk menyediakan jawaban atas pertanyaan yang sering diajukan pelanggan mengenai produk yang Anda jual di situs web. Tuliskan jawaban yang detail dan bersifat percakapan dalam konten maupun situs web Anda.
Baca juga: Aktifkan Google Assistant di Hp, Apakah Data Tetap Aman?
Data Analytics
Data analytics sering menjadi prioritas untuk banyak bisnis. Namun, apakah marketer menggunakan data ini dengan sebaik mungkin?
Banyak pelanggan yang memberikan informasi kepada perusahaan berupa perilaku pribadi, produk favorit, hingga bagaimana cara terbaik untuk menjangkau mereka. Dengan data yang telah ada, marketer dapat membuat iklan yang lebih dipersonalisasi atau penawaran yang ditargetkan.
Data yang telah dikumpulkan harus dianalisis sehingga menghasilkan kampanye penjualan yang sesuai dan dibutuhkan pelanggan. Tren saat ini berpusat di data yang dapat diprediksi, set data yang cerdas, scalable, dan fleksibel, edge computing untuk analisis lebih cepat, dan hybrid computing yang menggabungkan solusi berbasis cloud off-premise dan on-premise. Anda juga akan melihat penggunaan solusi yang didorong oleh machine learning yang mencakup augmented analytics, enginereed decision analytics, dan visualisasi data untuk membantu mengambil keputusan dan manajemen bisnis.
Tren-tren ini akan memengaruhi pemasaran tahun ini, tetapi itu tidak berarti Anda perlu segera meninggalkan apa yang Anda lakukan dan beralih menggunakan teknologi yang berbeda dan lebih canggih untuk memasarkan bisnis Anda secara efektif.
Bagaimana Memutuskan Teknologi yang Dapat Diimplementasikan untuk Strategi Penjualan?
Anda dapat memilih teknologi untuk pemasaran Anda tergantung pada kebutuhan bisnis Anda. Terdapat empat pertanyaan yang harus ditanyakan sebelum mengimplementasikan teknologi untuk strategi penjualan Anda.
- Siapa audiens saya?
- Apa dan di mana peluang bisnis saya?
- Akankah teknologi membantu menutup peluang bisnis saya?
- Apakah saya memiliki sumber daya untuk mempertahankan teknologi dalam jangka panjang?
Pertanyaan-pertanyaan ini dapat digunakan untuk memilih teknologi yang dibutuhkan oleh bisnis Anda.
Semoga artikel ini bermanfaat dan membantu Anda mengimplementasikan teknologi untuk mendorong strategi penjualan Anda! Tertarik dengan informasi lainnya terkait IT? Baca blog PointStar Indonesia atau follow Linkedin PointStar Indonesia sekarang.