5 Cara Perkuat Human Relation Antar Karyawan dengan Google Chat
Bekerja secara hybrid membuat koordinasi antar tim dan karyawan dilakukan secara online. Human relation antar karyawan sering kali bukan menjadi prioritas karena tidak bertemu tatap muka. Dengan human relation yang baik, para karyawan akan bekerja dengan lebih baik karena memiliki hubungan dan komunikasi yang baik juga.
Google Chat menjadi salah satu alat kolaborasi untuk para karyawan agar tetap terhubung dan produktif. Alat ini memiliki fitur yang memberikan kemudahan untuk pesan real-time, kolaborasi, dan menunjukkan ekspresi diri yang beragam. Google Chat tidak hanya dapat meningkatkan kolaborasi saat bekerja, namun juga dapat memperkuat human relation antar karyawan.
Artikel ini akan membahas bagaimana Google Chat dapat memupuk koneksi yang dalam dengan tim mereka, karyawan dalam proyek yang sama, atau seluruh karyawan di perusahaan, serta memperkuat human relation antar karyawan dalam perusahaan.
Inilah lima cara memperkuat human relation antar karyawan dengan Google Chat.
Membuat Spaces untuk berbincang santai
Anda dapat membuat ruang virtual di Spaces yang serupa dengan ruangan santai saat di kantor, tempat di mana para karyawan dapat berkumpul, bertukar informasi, atau mengobrol dengan santai. Dalam Spaces ini, Anda dan karyawan lain dapat menyapa satu sama lain, mengabarkan kegiatan mereka, memposting meme atau video lucu, atau sekadar menceritakan apa yang ada di dalam pikiran mereka. Konsep Spaces ini dapat membantu meningkatkan human relation antar karyawan meskipun mereka tidak bertemu satu sama lain.
Untuk membuat percakapan dalam Spaces ini tetap menyenangkan, anggota Spaces dapat melontarkan question of the day yang diberikan setiap hari dan beragam pertanyaannya. Ini adalah salah satu cara membuat percakapan tetap menarik dan terus berlanjut. Anda juga dapat menggunakan fitur Giphy untuk mengirim gambar lucu atau menggunakan Absolute Poll untuk mengajukan pertanyaan interaktif yang memicu percakapan yang menyenangkan.
Tidak hanya itu, Anda dapat menambahkan anggota Spaces baru secara otomatis dengan menggunakan Google Groups. Dengan adanya fitur thread di Spaces, membantu menjaga percakapan tetap terorganisir. Anggota Spaces dapat dengan mudah mencari topik pembicaraan dan membuat semua anggota lebih mudah untuk terlibat secara aktif.
Membuat pengumuman dari pemimpin ke seluruh karyawan
Seiring dengan pertumbuhan sebuah bisnis, sangat penting bagi pemimpin untuk menemukan cara yang efektif untuk berbagi berita dan informasi penting kepada seluruh karyawan. Pengumuman di Spaces merupakan cara yang ampuh untuk mendukung komunikasi dalam skala besar. Hanya pengelola Spaces yang ditunjuk yang dapat memposting pesan, sementara anggota Spaces dapat bereaksi dengan emoji atau membalas dalam thread. Balasan juga dapat dinonaktifkan bila diperlukan.
Membuat Spaces dengan anggota yang memiliki minat sama
Salah satu cara terbaik untuk memperkuat human relation antar karyawan adalah dengan membuat kelompok yang memiliki minat sama. Google Chat dapat membuat Spaces yang diorganisir berdasarkan topik minat-minat tertentu, seperti traveling, memasak, membaca, bersepeda, dan lain-lain.
Dengan fitur ini, anggota Spaces dapat terhubung dan berbagi pengalaman seputar minat bersama, memperkuat ikatan sosial di antara mereka. Misalnya, Spaces dengan anggota yang memiliki minat memasak dapat berbagi resep, tips, dan trik. Sementara itu, kelompok yang suka bersepeda dapat berbagi rute favorit, peralatan yang direkomendasikan, dan pengalaman seru saat bersepeda.
Membangun percakapan yang sehat dan inklusif
Dalam lingkungan kerja dengan banyak orang, terdapat beragam suara dan pendapat yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk memiliki pedoman yang jelas untuk memastikan bahwa setiap anggota merasa aman dan didengar dalam berdiskusi. Pedoman ini dapat mencakup hal-hal seperti larangan atas pelecehan, intimidasi, atau perilaku tidak sopan lainnya. Selain itu, terdapat juga aturan tentang topik-topik yang relevan untuk dibahas dalam grup.
Memberikan apresiasi dan memotivasi karyawan
Aplikasi keterlibatan karyawan yang dibangun untuk Google Chat, seperti Achievers, Bonusly, Amber, dan Bsharp Celebrate, menyediakan cara untuk mengakui dan memberi apresiasi atas pekerjaan yang luar biasa, baik dari rekan sejawat maupun dari pemimpin kepada tim. Berbagi apresiasi dalam sebuah ruang tim memungkinkan setiap orang untuk ikut serta dalam berita baik tersebut.
Mengakui kontribusi dan pencapaian karyawan adalah kunci untuk memotivasi mereka dan memperkuat budaya kerja yang positif. Dengan menggunakan aplikasi keterlibatan karyawan di dalam Google Chat, pemimpin dan rekan kerja dapat memberikan pujian, penghargaan, atau bahkan hadiah kepada sesama karyawan secara langsung melalui platform tersebut. Ini tidak hanya meningkatkan kepercayaan dan semangat kerja, tetapi juga memperkuat human relation antar karyawan.
Itulah lima cara pemakaian Google Chat yang dapat digunakan dalam perusahaan Anda untuk meningkatkan human relation antar karyawan di dunia kerja yang serba digital ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda!
Tertarik dengan informasi terkait Google Workspace dan IT lainnya? Baca blog PointStar dan follow Linkedin PointStar Indonesia sekarang!
Tertarik untuk berdikusi terkait penggunaan dan pembelian Google Workspace di perusahaan Anda? Anda dapat menghubungi tim PointStar dan kami akan membantu transformasi digital untuk tingkatkan kolaborasi bisnis Anda.