Inilah Lima Peran AI untuk Perusahaan Fintech
Teknologi semakin banyak digunakan dalam bisnis untuk meningkatkan kualitas internal dan pelayanan bisnis. Salah satu teknologi yang semakin sering digunakan adalah AI atau artificial intelligence. Berbagai bisnis menggunakan teknologi ini termasuk perusahaan fintech.
Perusahaan fintech adalah singkatan dari financial technology. Perusahaan ini menggunakan teknologi untuk menyediakan layanan keuangan. Adanya industri ini mengubah cara kita melakukan transaksi keuangan dengan alternatif yang lebih efisien dan seringkali lebih murah daripada metode tradisional.
Maka dari itu, dalam pengoperasiannya, perusahaan fintech menggunakan teknologi salah satunya AI. Penggunaan AI dalam keuangan membantu memberikan analisis data, penilaian kinerja, pembuatan prediksi dan perkiraan, melakukan perhitungan secara cepat, melayani pelanggan, serta mengakses data dengan tepat.
AI untuk perusahaan fintech dapat membuat perusahaan lebih mengerti pasar dan pelanggan mereka untuk pelayanan yang lebih baik. Tidak hanya itu, AI dapat berperan lebih besar dalam mengembangkan perusahaan fintech. Dalam artikel ini, kita akan menelusuri lebih jauh bagaimana peran AI dalam membantu perusahaan fintech mengubah cara mereka beroperasi dan berinteraksi dengan pelanggan.
Berikut ini adalah lima peran penggunaan AI dalam perusahaan fintech.
Personalisasi Layanan dan Produk
AI dapat menganalisis data pelanggan dengan detail agar dapat menawarkan produk dan layanan yang lebih personal dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi individu. Contohnya, dengan data yang diberikan oleh AI, perusahaan fintech dapat merekomendasikan investasi, produk asuransi, ataupun layanan perbankan yang disesuaikan.
Menciptakan Peluang
Dengan penggunaan AI, perusahaan fintech dapat mengidentifikasi peluang investasi baru atau tren pasar berdasarkan analisis big data dan prediksi yang canggih.
Manajemen Risiko dan Pencegahan Penipuan
AI membantu perusahaan untuk mendeteksi dan mencegah penipuan dengan menganalisis pola transaksi yang tidak biasa. AI juga digunakan untuk mengelola risiko kredit dan pasar dengan memprediksi skenario yang mungkin terjadi berdasarkan data historis dan tren saat ini.
Transparansi dan Kepatuhan
Dalam mematuhi regulasi yang ketat, AI dapat membantu perusahaan memonitor transaksi dan aktivitas lainnya secara real-time untuk memastikan kepatuhan terhadap hukum dan standar industri.
Otomatisasi Operasi dan Pengurangan Biaya
AI akan melakukan otomatisasi berbagai proses operasional seperti pengolahan data, analisis kredit, dan layanan pelanggan. Hal ini tidak hanya meningkatkan efisiensi, tapi juga mengurangi biaya operasional.
Baca juga: Mengenali Potensi Bisnis Startup Menggunakan Penerapan Generative AI
Lalu, apakah manfaat menggunakan AI untuk perusahaan fintech? Inilah manfaat yang dirasakan perusahaan fintech setelah menggunakan AI.
Otomatisasi
AI membantu mengotomatisasi alur kerja dan proses sehingga dapat bekerja sendiri tanpa campur tangan manusia. Teknologi ini juga membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik dan mempercepat penyampaian layanan.
Contohnya, perusahaan fintech sering menjadi sasaran penipuan dan aktivitas ilegal lainnya. AI dapat digunakan untuk mengawasi transaksi pelanggan mereka secara real-time dan mengidentifikasi pola perilaku yang mencurigakan.
Jika AI mendeteksi aktivitas yang tidak wajar, AI dapat memberikan peringatan atau tindakan pencegahan, seperti memblokir transaksi atau menghubungi pelanggan untuk verifikasi.
Selain itu, perusahaan dapat mengimplementasikan chatbot AI di situs web mereka atau dalam aplikasi perbankan untuk memberikan layanan pelanggan otomatis. Chatbot ini dapat merespons pertanyaan pelanggan, memberikan informasi akun, dan bahkan melakukan transaksi sederhana seperti transfer dana atau pembayaran tagihan tanpa perlu campur tangan manusia. Fitur ini mempercepat respon kepada pelanggan dan mengotomatisasi banyak aspek layanan pelanggan.
Akurasi
AI dapat mendukung perusahaan fintech untuk mengurangi kesalahan manusia dalam berbagai kegiatan seperti pemrosesan data, analisis, pengelolaan dokumen dan proses penerimaan pelanggan baru, serta dalam berinteraksi dengan pelanggan. Ini dilakukan melalui penggunaan otomatisasi dan algoritma yang konsisten menerapkan prosedur yang sama dalam setiap tugasnya.
Efisiensi
AI dapat digunakan untuk melakukan tugas-tugas berulang sehingga karyawan akan lebih fokus pada aktivitas strategis. AI dapat digunakan untuk mengotomatisasi proses seperti memverifikasi atau merangkum dokumen, menyalin percakapan telepon, atau menjawab pertanyaan sederhana dari pelanggan AI dengan bot AI.
Kecepatan
Untuk memproses informasi, AI mampu melakukannya lebih cepat daripada manusia. Selain itu, AI mampu menemukan pola serta mengidentifikasi hubungan dalam data yang mungkin terlewat. Hal ini menjadikan informasi lebih mudah didapat untuk mendukung pengambilan keputusan, komunikasi perdagangan, pemodelan risiko, manajemen kepatuhan, dan lainnya.
Ketersediaan
Perusahaan fintech dapat terbantu untuk membantu pelanggan menyelesaikan tugas keuangan, menemukan solusi untuk mencapai tujuan mereka, serta mengelola dan mengontrol keuangan mereka kapan pun dan di mana pun mereka berada. Saat dijalankan melalui cloud, AI dan Machine Learning (ML) dapat terus menerus bekerja pada aktivitas yang ditugaskan.
Inovasi
Kemampuan untuk menganalisis sejumlah besar data dengan cepat dapat menghasilkan penawaran produk dan layanan yang unik dan inovatif, yang melampaui kompetisi. Sebagai contoh, AI telah digunakan dalam analitik prediktif untuk memodernisasi pengalaman pelanggan asuransi tanpa kehilangan sentuhan manusia.
Perusahaan fintech dapat sangat terbantu untuk meningkatkan kualitas layanan pada pelanggan, mengotomatisasi pekerjaan-pekerjaan rutin, menganalisis data, serta mengefisiensikan pekerjaan dan mengurangi biaya.
Itulah yang AI dapat lakukan dan manfaat menggunakan AI bagi perusahaan fintech.
Untuk penggunaan AI di perusahaan Anda, silakan menghubungi tim PointStar Indonesia. Kami akan membantu meningkatkan kualitas pelayanan Anda dengan implementasi AI di perusahaan!