5 Trend yang Dapat Mengubah Masa Depan Ritel
CEO Telsey Advisory Group, Dana Telsey mengatakan “Yesterday’s amazing is today’s expected” (Hal yang luar biasa terjadi kemarin adalah harapan di hari ini). Hal tersebut merupakan hal inti yang perlu diketahui oleh bisnis ritel. Pada webinar yang diadakan NetSuite, Telsey menuturkan 5 trend yang dapat mengubah masa depan ritel di dunia yang telah banyak beralih ke cloud ini.
Konsumen membutuhkan pengalaman. Suatu hal yang dapat mereka sentuh dan rasakan
Hal ini dapat dilihat dari faktor demografis namun daya beli direfleksi oleh sedikit banyak kaum milenial. Menurut penelitian yang dilakukan Telsey, kaum milenial lebih bebas dalam menentukan pilihan, melek teknologi, menuntut kenyamanan pengalaman berinteraksi via digital dibandingkan generasi baby boomers yang hanya berfokus pada pengalaman pelayanan konsumen saja. Berangkat dari penelitian ini, diharapkan para pemilik bisnis ritel dapat memberikan pengalaman baru pada toko yang mereka miliki, seperti misalnya menambahkan fitur kamar pas virtual.
Perkembangan e-commerce dan mobile commerce mendominasi pangsa pasar
Melihat lagi dari demografik yang ada di mana internet dan penggunakan smartphone tengah mendominasi, menjadi wajar jika semua orang lebih suka melakukan belanja online yang diramalkan akan terus mendominasi.
Omnichannel dan teknologi mengubah prioritas dan perilaku berbelanja
Seperti yang kita lihat pada e-commerce, semua proses belanja berhasil dengan sukses dilakukan secara online, dan banyak industri yang harus juga beradaptasi untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Peran teknologi juga memberikan pendekatan yang lebih efisien untuk omnichannel dan banyak konsumen yang telah menantikan pengalaman tersebut.
Beberapa sektor terjadi peningkatan sementar yang lainnya tidak
Seperti yang telah dituturkan Telsey, bisnis ritel sedang berada di fase rollercoaster dan sudah saatnya melakukan pembaharuan. Mulai dari membuat yang baru hingga mendekor ulang. Walaupun beberapa ritel terpaksa gulung tikar, namun mereka tetap bisa bangkit lagi jika mau berinovasi dan merancang ulang konsep yang tepat.
Pergeseran ruang ritel
Ruang ritel yang sedang diperjuangkan oleh banyak pebisnis ini justru diklaim oleh sebagian para pebisnis baru sebagai tempat untuk berkembang dan memulai bisnis mereka. Walaupun e-commerce dan mobile commerce tengah menjadi sorotan, namun cukup menjadi kejutan jika ternyata masih banyak konsumen yang merindukan dan masih ingin menikmati berbelanja langsung di toko.
Melihat trend yang ada saat ini, lantas bagaimana industri ritel di masa depan?
Personalisasi, lokalisasi dan kustomisasi adalah kunci. Mungkin cara menarik konsumen dengan iklan dan promosi tidak lagi menjadi cara ampuh. Untuk mempengaruhi pembelian, para pebisnis ritel harus memmbangun antara komunikasi dan pengalaman berbelanja. Namun tentu saja hal ini belum tentu cocok diaplikasikan di semua bisnis. Para pendatang baru telah membangun citra yang baik dengan berfokus pada personalisasi dan kustomisasi.
Pebisnis ritel juga harus memberikan pelayanan penuh bagi pengalaman omnichannel. Kenyamanan adalah salah satu kunci juga yang dapat berperan penting di era ini, khususnya kemudahan dalam proses pembayaran; didukung dengan sistem yang telah terintegrasi yang dapat memudahkan penggunaan proses pembelian dan pembayaran.
Salah satu platform yang telah mendukung fitur omnichannel ini bisa didapatkan di NetSuite. NetSuite mengadopsi sistem omnichannel yang dapat memudahkan pengguna untuk mengakses segala kebutuhan di satu wadah. Karena berbasis cloud, mudah bagi pengguna untuk mengakses kebutuhan brand di segala tempat mulai dari web, mobile, di toko, hingga call center.
Sesuai dengan trend ritel yang telah dikemukakan Telsey, NetSuite juga dapat menjamin konsumen mendapatkan akses dan fitur yang tepat dan cocok berkat kemampuan NetSuite untuk melakukan personalisasi antara satu brand dengan brand lainnya. Jadi biarpun menggunakan platform yang sama, tiap brand yang berbeda tentu akan mendapatkan pendekatan yang berbeda, sesuai dengan kebutuhaan ritel tersebut.