Menulis Email Lebih Cepat dengan Fitur AI “Help Me Write” dari Google Workspace
Kini, AI telah banyak dikembangkan dan Google pun tidak mau ketinggalan untuk menggunakan AI sebagai penunjang fitur-fiturnya. AI pada Google sangat membantu untuk membuat kolaborasi semakin efektif, salah satunya untuk menulis email, membuat dokumen, dan lain-lain.
Penggunaan fitur generative AI yang bisa digunakan di Google Workspace diberi nama Duet AI for Workspace. Fitur ini membantu penggunanya menulis lebih cepat dan menggunakan produk-produk Google Workspace lebih mudah hanya dengan sekali klik atau menggunakan memberi petunjuk berupa prompt sederhana kepada Google. Jadi, AI akan membantu menyelesaikan apa yang Anda butuhkan berdasarkan prompt yang Anda tulis.
Cara penggunaannya kurang lebih mirip dengan software generative AI lainnya seperti ChatGPT. Anda hanya perlu menuliskan apa yang Anda butuhkan, lalu AI akan mengirimkan apa yang Anda butuhkan. Perbedaannya, dalam Duet AI for Workspace, Anda bisa menikmati fitur AI di platform Workspace yang biasa Anda gunakan.
Salah satu tools Google Workspace yang paling banyak digunakan adalah Gmail. Gmail digunakan untuk mengirim dan menerima email, baik untuk pekerjaan maupun pribadi. Kini, menulis email penting tidak lagi sulit. Fitur “Help Me Write” di Gmail akan membantu Anda menuliskan apa yang Anda butuhkan dalam waktu sekejap dengan bantuan AI.
Dalam fitur “Help Me Write” ini, Anda bisa langsung menuliskan apa tujuan Anda menulis email dan untuk siapa email tersebut diberikan. Nanti, dari prompt tersebut akan dituliskan kalimat yang dibutuhkan untuk menulis email tersebut. Jika sudah sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda bisa langsung mengirim ke email penerima. Mudah sekali bukan?
Baca: Membangun Data Security yang Aman dengan Fitur Canggih Google Cloud Platform
Bagaimana menggunakan fitur Help Me Write di Gmail?
- Buka Gmail Anda dan klik Compose.
- Pergi ke toolbar bagian bawah dan klik ikon Help Me Write (gambar pena dengan bintang).
- Anda juga dapat mengklik tombol Help Me Write di atas tombol Send.
- Masukkan prompt yang Anda butuhkan atau inginkan lalu klik Create.
- Tunggu hingga auto-generate draf email tercipta, mirip dengan cara kerja ChatGPT. Lalu, tinjau draf tersebut dan klik Insert jika semuanya cocok dengan yang Anda inginkan.
- Jika belum sesuai dengan yang Anda inginkan, Anda dapat membuat ulang atau menyempurnakan draf yang dihasilkan sesuai selera dengan mengklik tombol yang sesuai.
- Lanjutkan dengan mengedit draf yang disisipkan dengan menghapus atau mengganti teks.
- Setelah selesai, cukup klik Send seperti biasanya saat mengirim email.
Penggunaan AI untuk membantu menulis sangat menjadi sangat popular dan penggunanya sangat terbantu dengan fitur tersebut. Fitur Help Me Write membantu Anda untuk menulis email yang lebih baik dengan waktu lebih cepat.
Ingin meningkatkan produktivitas dengan fitur AI pada Google Workspace? Hubungi tim PointStar untuk informasi penggunaan lebih lanjut Duet AI for Workspace!