5 Penerapan AI Assistant NotebookLM Plus untuk Efisiensikan Bisnis
NotebookLM adalah alat AI assistant untuk memahami apa pun. Baru-baru ini Google mengumumkan bahwa NotebookLM Plus (versi premium) akan menjadi bagian dari lebih banyak paket Google Workspace.
AI assistant ini akan memberikan puluhan juta pelanggan Google Workspace manfaat seperti batas penggunaan lebih dari 5x dan fitur-fitur seperti buku catatan tim bersama dan kemampuan untuk menyesuaikan respons NotebookLM. Berikut beberapa cara menggunakan NotebookLM Plus untuk bisnis Anda.
1. Akses central hub untuk projek atau tim Anda
NotebookLM memungkinkan Anda mengunggah dan mengelola semua jenis sumber, mulai dari dokumen, PDF, file Google Drive, video, rekaman audio, dan lainnya, di satu tempat.
Fleksibilitas ini memungkinkan tim Anda mengakses informasi yang mereka butuhkan dan menemukan koneksi, apa pun formatnya.
NotebookLM menghilangkan sekat-sekat dan menghubungkan beragam sumber sehingga memudahkan penyelesaian pekerjaan.
2. Dapatkan informasi yang dibutuhkan dalam satu detik
Sudah bukan zamannya menghabiskan waktu tenggelam dalam teks yang tak berujung. Dengan Gemini 2.0, NotebookLM dapat menganalisis data dengan cepat, memberikan ringkasan ringkas, dan mengekstrak wawasan penting.
Baik itu tren pasar maupun analisis pesaing, AI assistant di NotebookLM memberi Anda informasi yang dibutuhkan untuk membuat keputusan yang tepat — dengan cepat.
3. Menyesuaikan obrolan dengan tim
NotebookLM Plus memungkinkan Anda menyesuaikan respons obrolan untuk memenuhi kebutuhan unik tim Anda.
Anda bisa personalisasikan cara penyajian informasi, baik Anda membutuhkan wawasan yang disampaikan dengan gaya seorang analis, pemasar, atau ahli strategi.
NotebookLM dapat beradaptasi dengan kebutuhan Anda, misalnya seperti menghasilkan laporan pasar yang terperinci atau meringkas riset yang kompleks. AI assistant ini memastikan setiap respons selaras dengan tujuan tim Anda.
Baca juga: Mau Kerja Hybrid Tetap Produktif? Coba Pakai 5 Tips Gemini AI Ini!
4. Sederhanakan proses orientasi dan kolaborasi
NotebookLM Plus memudahkan Anda membagikan “shared notebook” bersama tim Anda.
Sumber daya terpusat ini dapat digunakan untuk menyederhanakan proses orientasi, sehingga karyawan baru mendapatkan akses cepat ke informasi penting dari dokumen internal dan sumber eksternal.
Anda tidak perlu lagi memberikan dan menjelaskan materi pelatihan, FAQ perusahaan, atau segala proses utama di perusahaan kepada karyawan baru. Sebab NotebookLM Plus membantu tim Anda tetap selaras dan terinformasi.
5. Persiapan diri untuk rapat lebih menyenangkan dengan Audio Overview
Mempelajari topik baru atau materi untuk rapat bersama klien bisa memakan waktu dan melelahkan, tetapi AI assistant NotebookLM mengubahnya menjadi menyenangkan.
Dengan Audio Overview, Anda dapat membuat percakapan bergaya podcast dengan dua host AI yang menyoroti poin-poin penting dari dokumen Anda. Format yang menarik ini membuat belajar sebuah topik baru lebih mudah dan menyenangkan.
Tidak hanya itu, adanya fitur mode interaktif yang memungkinkan Anda mengajukan pertanyaan lanjutanan dan berdiskusi sambil mendalami materi lebih lanjut membuat eksekusi pendalaman materi terasa lebih ringan dan tidak memusingkan.
Baca juga: 5 Tips Gunakan Tools AI NotebookLM dalam Bisnis yang Bisa Digunakan Pemula
NotebookLM Plus kini tersedia di semua paket Google Workspace Business dan Enterprise Standard. Fitur AI assistant ini dapat dibeli secara terpisah melalui Google Cloud dan akan segera hadir sebagai bagian dari Google One AI Premium.
Jangan biarkan potensi bisnis Anda tertahan oleh proses manual yang memakan waktu. Dengan NotebookLM Plus, Anda tidak hanya mendapatkan alat produktivitas baru, namun juga AI assistant tangguh yang bekerja untuk Anda dan tim.
Tertarik melihat bagaimana NotebookLM Plus dan AI assistant lainnya dapat benar-benar merevolusi cara kerja tim Anda? Hubungi PointStar Indonesia hari ini untuk konsultasi gratis dan mulailah perjalanan transformasi digital menuju bisnis yang lebih efisien dan kompetitif!