Dana

CUSTOMER STORIES

Dana

DANA Menghadirkan Layanan Aman & Nyaman Menggunakan Apigee Bersama PointStar dan FreshGravity

DANA melejit di pasar Indonesia dengan tagar #GantiDompet. Dilansir pada 2018 lalu, Fintech milik PT. Aliansi Teknologi Indonesia ini hadir mendobrak budaya bertransaksi yang mengandalkan tunai dan kartu. DANA menawarkan cashless payment praktis dan aman. Layanan dompet digital DANA dapat digunakan untuk bertransaksi offline, membayar tagihan, hingga checkout di e-commerce. Kini, DANA adalah salah satu fintech terbesar milik lokal dengan layanan lengkap dan dekat di hati rakyat.

Seiring tahun, perkembangan jumlah pengguna dan transaksi DANA menanjak pesat. Demikian, layanan yang ditawarkan turut bertambah untuk menjawab kebutuhan pasar. Seluruh layanan aplikasi DANA disokong oleh kesinambungan beragam API yang diatur menggunakan APIM (manajemen API) in-house.

Seiring pertumbuhannya, arsitektur microservices DANA menjadi makin rumit, dan APIM milik DANA tidak lagi memadai. Terdapat beberapa fitur penting yang tidak tersedia, seperti manajemen lifecycle, dokumentasi & portal developer, dan API governance. DANA membutuhkan satu platform APIM yang dapat mengeksekusi fitur-fitur tersebut secara ringkas dan mudah. Tidak hanya itu, pergantian APIM juga merupakan tantangan tersendiri. Dalam transisi dari Non-Production Environment (tidak berinteraksi dengan end user) menuju Production Environment (digunakan langsung oleh end user), API harus tetap berjalan mulus agar tidak ada layanan yang terhenti. 

APIM pilihan DANA jatuh pada Apigee, platform manajemen besutan Google yang terkenal atas fleksibilitas, keamanan, dan kemudahan pemakaiannya. Untuk mengimplementasi transisi menuju Apigee, DANA mempercayakannya pada PointStar Indonesia sebagai Project Manager dan Solution Architect. PointStar turut menggandeng FreshGravity untuk implementasi Apigee di India. 

PointStar dan FreshGravity berhasil menyelesaikan implementasi Apigee dalam kurun 3 bulan. Dalam prosesnya, terdapat beberapa technical issues yang dapat diselesaikan dengan cepat. Kelancaran implementasi ini merupakan hasil teamwork baik yang didukung oleh ketanggapan dan serta kooperasi penuh tim DANA di segala fase transisi.

“Quote dari customer mengenai penggunaan Apigee”

Menggunakan Apigee, DANA dapat memonitor API mereka dengan lebih mudah. Spike traffic atau kegagalan proses API dapat ditemukan dan ditangani secara cepat. Implementasi security policies juga dapat di implementasi serentak, sehingga keamanan traffic API lebih terjaga.

Kini, transaksi pelanggan menggunakan DANA jadi makin aman dan nyaman.

Share this post

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email