MAP Active

CUSTOMER STORIES

MAP Active

Map Active Mengolah Data Secara Terpusat Menggunakan BigQuery Bersama Pointstar

PT. MAP Aktif Adiperkasa (MAP Active) merupakan anak perusahaan dari retailer raksasa PT. Mitra Adiperkasa (MAP). Selayak namanya, MAP Active bergerak di bidang peralatan olahraga, anak-anak dan lifestyle sebagai retailer dan distributor. Saat ini, MAP Active memiliki lebih dari 50 brand dan 1000 stores yang tersebar di 5 negara (Indonesia, Filipina, Singapura, Malaysia, dan Vietnam). Termasuk di dalam jumlah fantastis tersebut adalah beberapa toko-toko besar yang populer di kalangan masyarakat Indonesia, seperti Planet Sports, Sports Station, Kidz Station, Golf House dan Planet Kids. Kesuksesan MAP Active menempatkannya sebagai sport retailer nomor satu di Asia Tenggara.

Perjalanan MAP Active dimulai pada 1995 dengan dua store pertama, yakni Sports Station dan Golf House. MAP Active mengalami perkembangan pesat. Hanya dalam dua tahun saja, MAP Active telah memiliki 50 stores. Satu dekade kemudian, pada 2018, dengan mengantongi 1000 stores, MAP Active resmi IPO (initial public offering) di pasar saham Indonesia. Di tahun yang sama, MAP Active turut bekerja sama dengan atlet bulutangkis ternama Indonesia, Alan Budikusuma dan Susy Susanti untuk melansir Astec, produk alat olahraga buatan dalam negeri, dengan tujuan mendukung produk lokal berkualitas. Di 2019, MAP Active membuka store pertamanya di Vietnam, menandakan ekspansi ke pasar internasional.

Perkembangan MAP Active yang dimulai dari brick and mortar merambah ke e-commerce pada 2020 lalu untuk menyiasati tantangan  lockdown akibat pandemi. Di tahun tersebut, penjualan online MAP Active meningkat lebih dari 380%. Kini, raksasa retail ini mulai fokus menggeluti e-commerce melalui website maupun platform pihak ketiga. Perubahan ini kemudian menuntut infrastruktur yang lebih memadai, terutama di bidang pengolahan data.

Selama ini, pengumpulan data dari tiap kanal penjualan terjadi secara terpisah. Akibatnya, data dalam jumlah banyak harus dikelola secara manual untuk disatukan agar dapat diproses menjadi visualisasi yang berguna bagi sales. Proses kerja ini kurang efisien, menyita resources dari sisi waktu dan tenaga  yang seharusnya dapat dialokasikan untuk fokus pengembangan bisnis bagi perusahaan.

Untuk menjawab tantangan tersebut, MAP Active mengimplementasi BigQuery dari Google Cloud Platform untuk membuat satu data warehouse yang dapat menampung seluruh data dari berbagai kanal penjualan menjadi satu. Selain itu, BigQuery juga menyediakan salah satu data analytic terbaik di dunia yang dapat menyajikan visualisasi data lengkap secara otomatis melalui Data Studio. BigQuery didukung oleh machine learning handal yang tidak terbatas untuk menyimpulkan data saja, tapi juga memberikan prediksi berakurasi tinggi untuk trend mendatang.

Saat ini, seluruh kebutuhan reporting, kecepatan dan fitur-fitur data visualisasi serta otomasi terjawab oleh penggunaan BigQuery. Kemudahan yang diberikan BigQuery juga membuka berbagai kemungkinan untuk project-project mendatang.

Oktaryaldi Salsa, Business Intelligence Analyst Manager PT. MAP Active Adiperkasa

PointStar, sebagai Google Premier Partner, dipercaya MAP Active untuk mengimplementasi BigQuery. Seluruh proses implementasi telah berjalan lancar dan kini telah digunakan oleh MAP Active tanpa ada masalah. Tim PointStar selalu siap menjawab berbagai pertanyaan tim IT dari MAP Active agar memastikan semuanya berjalan dengan lancar.

Ke depannya, MAP Active juga sedang melakukan perencanaan untuk melakukan visualisasi data yang lebih komprehensif. Selain itu, dengan adanya rencana ekspansi bisnis di luar Indonesia, solusi BigQuery diharapkan dapat membantu proses pengolahan dan visualisasi data penjualan ke depannya. Ditunjang penggunaan Google Cloud Platform, MAP Active menghadirkan produk dan layanan yang makin sesuai dengan kebutuhan pelanggan sebagai salah satu bentuk pemenuhan misi perseroan untuk menunjang kesehatan jasmani masyarakat Indonesia.

Share this post

Facebook
Twitter
LinkedIn
Email