WORKPLACE COLLABORATION
CLOUD COMPUTING
BUSINESS APPLICATIONS
EMERGING TECHNOLOGIES
CLOUD TRANSFORMATION
BUSINESS SERVICES
TECHNICAL SERVICES
PROFESSIONAL SERVICES
WORKPLACE COLLABORATION
CLOUD COMPUTING
BUSINESS APPLICATIONS
EMERGING TECHNOLOGIES
CLOUD TRANSFORMATION
BUSINESS SERVICES
TECHNICAL SERVICES
PROFESSIONAL SERVICES
Pada zaman yang serba digital ini, kehadiran situs web bagi sebuah perusahaan adalah hal yang sangat penting. Baik digunakan sebagai titik awal perusahaan untuk membangun kredibilitasnya ataupun digunakan sebagai penunjang proses bisnis yang dilakukan oleh perusahaan.
Melakukan revamp situs web merupakan proses komprehensif dalam mendesain ulang situs web kita dengan memodifikasi kode, konten, struktur, dan estetika situs web kita saat ini agar dapat melayani pengunjung web dengan lebih baik dan meningkatkan navigasi untuk konversi dan kinerja situs yang lebih baik. Situs web kita merupakan wajah perusahaan kita dan berfungsi sebagai fondasi identitas digital kita. Revamp ulang situs web dapat membantu meningkatkan peringkat dan pengalaman pengunjung situs web.
Namun, teknik me-revamp situs web ini masih jarang dimanfaatkan oleh beberapa perusahaan. Melakukan revamp situs web dapat kita bayangkan seperti saat kita ingin merenovasi apartemen/rumah kita, di mana kita dapat menambahkan berbagai furnitur baru, mengecat ulang, menambah atau menghapus fitur yang berlebihan, dan membuatnya lebih menarik dan praktis secara visual.
Seperti yang kita lakukan pada apartemen yang direnovasi, kita dapat melakukan hal yang sama dengan situs web kita, menambahkan fitur dan fungsi baru atau menghapus sepenuhnya, kita dapat mengubah warna, gaya, atau font agar terlihat lebih baik, lebih modern, dan sesuai dengan tren desain web saat ini.
Beberapa bulan yang lalu, PointStar Indonesia mulai melakukan revamp situs web, agar pelanggan bisa mendapatkan informasi yang terkini dari situs kami. PointStar Indonesia mulai melalukan revamp pada akhir Juli kemarin. Berbagai tahap kami lakukan dalam proses revamp ini, inilah beberapa tahapan utama ketika kami melakukan revamp:
Membuat timeline yang realistis untuk suatu pekerjaan merupakan hal yang penting supaya tujuan kita dapat tercapai. Maka dari itu agar proses revamp ini dapat berjalan dengan lancar, kami menetapkan timeline untuk proyek ini. Melakukan revamp untuk menghasilkan situs web yang spektakuler biasanya membutuhkan waktu yang tidak singkat, agar tidak ada tahapan yang terlewati. Kami menetapkan durasi selama kurang lebih 2 bulan untuk menyelesaikan revamp ini yang dimulai pada akhir Juli kemarin.
Setelah menentukan timeline, kami membentuk tim yang akan terlibat dalam proses revamp ini. Anggota tim yang kami miliki tidak terlalu banyak, namun tidak terlalu sedikit pula. Hal ini dilakukan untuk menghindari terjadinya permasalahan too many cooks spoil the broth.
Anggota tim yang kami miliki hadir dari berbagai divisi yang berbeda, seperti divisi marketing, change management, web developer, dan juga advertising. Ini bertujuan agar situs web kami mendapatkan bermacam-macam feedback dari sudut pandang yang berbeda. Tak lupa kami juga menentukan orang yang menjadi penanggung jawab proyek revamp ini. Kami memilih Marketing Manager kami sebagai penanggung jawab yang membuat persetujuan serta keputusan akhir dalam tim ini.
Setelah PointStar Malaysia menyelesaikan tahapan revamp situs web mereka, kemudian kami menyalin situs webnya dan menerjemahkannya kedalam bahasa Indonesia. Ya, memiliki situs web dalam bahasa Inggris mungkin kurang relevan dan lebih sedikit pesan yang dapat tersampaikan ke pelanggan. Hal itu membuat kami memutuskan situs web PointStar Indonesia disajikan dalam bahasa Indonesia agar pelanggan lebih mudah memahami konten-konten yang ada.
Ada sekitar 110 halaman yang kami terjemahkan. Tahap ini memakan waktu kurang lebih selama dua minggu, karena menerjemahkan teks dari satu bahasa ke bahasa lainnya bukanlah hal yang sederhana. Jika konten hanya diterjemahkan secara kata per kata akan menyebabkan nuansa bahasa yang berbeda, sehingga isi pesan dalam konten pun terkadang sulit atau bahkan tidak tersampaikan.
Tentunya karena kami menyalin dari situs web PointStar Malaysia, banyak harga-harga produk dan konten yang kami harus sesuaikan lagi agar relevan bagi pengunjung Indonesia. Ada beberapa harga produk dan solution yang kami konversi ke Rupiah. Namun juga, ada yang kami ubah dari mata uang Ringgit menjadi USD. Kami juga mengidentifikasi untuk mengganti beberapa konten produk yang tidak kami sediakan di PointStar Indonesia.
Tidak hanya laman dari PointStar Malaysia yang kami evaluasi, kami juga mengevaluasi laman-laman yang memiliki high traffic pada situs web kami yang lama. Kenapa evaluasi laman high traffic menjadi tahapan yang penting dalam proses revamp ini? Laman high traffic sendiri merupakan laman yang memiliki pengunjung yang cukup banyak dibanding dengan laman yang lainnya.
Kami mengevaluasi apakah laman tersebut akan disertakan dalam situs web yang baru ataupun dikombinasikan dengan laman terbaru dari PointStar Malaysia. Anggota kami dari Digital Ad Support membantu kami dalam mengevaluasi laman high traffic, kami mendapatkan lebih dari 30 laman high traffic. Laman itu tidak hanya blog post, namun juga ada banyak landing page yang memiliki high traffic.
Sebelum memutuskan untuk go live, kami melakukan pre-launch review yang bertujuan untuk mengonfirmasi semua yang ada di situs web kami sudah beres dan siap digunakan. Kami memeriksa ulang untuk struktur URL, pengujian cross-device, email form, broken links, broken images, dan lainnya. Memeriksa ulang komponen-komponen tersebut dilakukan agar terhindar dari masalah pasca go live. Selain itu, agar memastikan transisi yang mulus bagi semua orang yang menggunakan situs web lama kami ke situs web yang baru.
Setelah semuanya sudah siap untuk diluncurkan, kami memutuskan untuk go live situs web kami bersama-sama secara virtual melalui Google Meet pada tanggal 3 September. Hasil dari proses revamp yang panjang dan menarik yang kami lalui ini, kami harap dapat memberikan kenyamanan bagi semua pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.
Setelah situs web kami go live pada tanggal 3 September kemarin, tentunya ada beberapa hal yang kami harus lakukan pasca go live. Salah satunya memantau kinerja situs web baru kami melalu Google Analytics yang dibantu oleh rekan kami dari Digital Ad Support. Hal ini perlu dilakukan agar kami bisa memantau traffic pasca go live yang kemudian bisa digunakan untuk tolak ukur dalam meningkatkan SEO ataupun digital ads kami.
Hasil dari proses revamp yang panjang dan menarik yang kami lalui ini, kami harap dapat memberikan kenyamanan bagi semua pengunjung dalam mencari informasi yang mereka butuhkan.