Cara Terbaik Tetap Terhubung dengan Pekerja Lapangan

Teknologi memudahkan semua orang terhubung dengan cepat, tidak terkecuali bagi karyawan. Tidak semua karyawan bekerja di kantor dan menghabiskan jam kerja hanya di kantor.
Beberapa divisi mengharuskan karyawan mereka keluar kantor, atau berperan sebagai frontliner perusahaan. Frontliner atau pekerja lapangan merupakan sekelompok pekerja yang menjadi garda terdepan perusahaan. Mereka lah biasanya tim pertama yang dituju konsumen, orang pertama yang menjadi wajah perusahaan. Jenis pekerjaannya pun beragam. Mulai dari tenaga medis, tentara, polisi, konstruktor, call center hingga sales.
Di Indonesia, sektor pertanian menjadi primadona dengan meraih posisi pertama sebagai profesi terbanyak yang digeluti masyarakat hingga mencapai 29%
Disusul dengan perdagangan sebesar 18%, Pengolahan hingga 14% dan Akomodasi dengan total karyawan hingga 7%. Hampir kebanyakan jenis pekerjaan tersebut memiliki banyak pekerja lapangan yang menyulitkan menyatukan semua karyawan bersatu di dalam satu ruangan.
Cara termudah menyatukan semua orang adalah dengan mengadopsi area kerja digital. Mengapa hal ini penting?
Faktanya, pada survei terbaru yang dilakukan Forbes dan Microsoft menyimpulkan bahwa perusahaan yang telah mengadopsi teknologi digital bagi para pekerja lapangan berdampak pada meningkatnya pertumbuhan tahunan hingga 20% jika dibanding dengan kompetitor yang belum melakukannya.
Pada laporan yang sama, perusahaan mengungkapkan jika banyak keuntungan yang didapatkan dengan melakukan transformasi digital, di antaranya:
83% peningkatan kepuasaan pelanggan
91% peningkatan produktivitas karyawan
88% lebih hemat biaya operasional
Jika garda terdepan perusahaan ini memiliki akses yang sulit ke karyawan di perusahaan, mereka cenderung sering abai dengan pekerjaan harian, dan produktivitas menurun karena tidak banyak melakukan interaksi dengan karyawan lainnya.
Lalu, bagaimana cara tetap terhubung dengan para frontliner perusahaan?
Sebanyak 124% penduduk Indonesia telah memiliki smartphone, dan 64% di antaranya memahami cara terhubung ke internet. Teknologi ini merupakan media yang paling umum digunakan agar mudah berkomunikasi.
Sediakan media komunikasi yang umum digunakan. Untuk perusahaan, bisa menggunakan perangkat office yang sudah mencakup seluruh kebutuhan kantor mulai dari email, fitur chat, hingga video call.
Berinvestasi lah pada telepon dengan jalur telepon berbasis cloud. Karyawan dapat menginstall aplikasi softphone di smartphone agar mereka tetap mudah melakukan panggilan telepon dengan menggunakan line kantor. Pekerja lapangan juga dapat tetap terhubung pada telepon kantor jika sewaktu-waktu konsumen membutuhkan mereka, dan melakukan panggilan telepon tanpa khawatir terbebani dengan biaya pribadi saat ingin berinteraksi dengan konsumen.
Selanjutnya, pastikan juga perusahaan memiliki platform intranet, sehingga segala informasi perusahaan baik informasi karyawan baru, peraturan perusahaan, pemberitaan terkini, bisa diakses dan dijangkau semua karyawan.
Terakhir, gelar pelatihan berkala. Pelatihan sering diabaikan, padahal ini salah satu aspek penting untuk membuat para pekerja tetap termotivasi. Beri kesempatan bagi karyawan untuk meningkatkan performa bekerja mereka, dan minta mereka memberikan respon terkait pelatihan yang telah perusahaan berikan.